Puncak Arus Balik di Stasiun Bandung Sudah Terjadi Tanggal 4-5 Mei

Wisma Putra - detikJabar
Sabtu, 07 Mei 2022 01:13 WIB
Suasana arus balik di Stasiun Bandung.
Foto: Wisma Putra/detikJabar
Bandung -

Arus balik Lebaran sudah terjadi di Stasiun Bandung. Catatan PT KAI Daop 2 Bandung, puncak arus balik sudah terjadi pada Kamis (5/5/2022).

"Kalau kita berbicara arus balik, sebenarnya arus balik sudah terjadi tanggal 4 dan tanggal 5 Mei kemarin puncaknya," kata Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Kuswardoyo kepada detikJabar, Jumat (6/5/2022).

Menurutnya, tercatat pada 4 Mei ada 16 ribu pengguna jasa kereta api dan 5 Mei 15.200 pengguna. "Sementara di hari ini, tercatat baru 14 ribu," ujarnya.


Meski demikian, arus balik ini diprediksi bakal terjadi hingga 9 Mei mendatang.

"Puncaknya sudah terjadi pada tanggal 4 kemarin, memang mulai tanggal 4 sampai tanggal 9 Mei nanti kami sediakan kereta tambahan, Kereta Ciremai mengantisipasi (peningkatan) pengguna kereta api dari Semarang menuju Cirebon," ungkapnya.

Saat disinggung, apakah pada mudik lebaran 2022 ini Daop 2 Bandung menemukan kendala, pihaknya belum temukan kendala. "Alhamdulillah sampai saat ini, tidak ada kendala pada masa angkutan Lebaran ini," tuturnya.

Kuswardoyo mengimbau para calon penumpang mempersiapkan diri sebelum naik kereta dan datang lebih cepat sebelum pemberangkatan.

"Mereka harus melihatkan surat-surat perjalanan, jangan sampai ketika sudah miliki tiket namun ternyata vaksin baru dua kali, mereka tetap harus laksanakan antigen yang memakan waktu sehingga berdampak pada perjalanan dirinya jadi keterlambatan kereta," tuturnya.

"Saat ini kemacetan sangat herasa di jalan raya di kota besar, termasuk di Kota Bandung, belum lagi ditambah hujan. Kami dari PT Kereta Api mengimbau agar bisa datang lebih awal menghindari keterlambatan akibat kemacetan di jalan," pungkasnya.



Simak Video "Cikancung Bandung Banjir, Bikin Banyak Motor Mogok"
[Gambas:Video 20detik]
(wip/ors)