Mengunjungi Museum Nike Ardilla, Kenang 27 Tahun Kematian

Wisma Putra - detikJabar
Minggu, 20 Mar 2022 19:26 WIB
Barang-barang di Museum Nike Ardilla
Barang-barang di Museum Nike Ardilla. (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Artis Nike Ardilla meninggal dunia akibat kecelakaan lalu litas tunggal di Jalan LRE Marthadinata, Kota Bandung, Minggu, 19 Maret 1995 silam.

Sekitar Pukul 06.15 WIB kecelakaan lalu lintas tunggal itu terjadi. Mobil Honda Genio berwarna hijau tua berpelat nomor B 27 AK yang dikenadarai Nike menabrak pagar tembok di jalan itu.

Nike tewas karena mengalami pendarahan dibagian kepala akibat benturan keras. Tidak ada yang menyangka jika, artis sekaligus model pada masanya itu meninggal dunia di usia 19 tahun.


Pada Sabtu (19/3/2022) kemarin makam Nike Ardilla di Desa Imbanagara, Kabupaten Ciamis dikunjungi fansnya. Kedatangan para fans ke makam Nike Ardilla yakni memperingati haul ke 27 Nike Ardilla.

Bagi Anda yang ingin melihat kembali peninggalan almarhumah semasa hidup, bisa datang ke Museum Nike Ardilla yang beralamatkan di Komplek Arya Graha, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung.

Berikut peninggalan Nike Ardilla yang di museumkan:

1. Mobil Jeep Putih

Mobil Jeep berwarna putih dengan pelat nomor D 11 LA terparkir didepan Museum Nike Ardilla. Karena sudah lama tidak digunakan, terdapat beberapa bagian mobil ini yang berkarat.

Meski demikian, seluruh bagian, dari mulai lampu, bamper, kaca hingga velk dan ban mobil ini dalam kondisi baik-baik saja. Kita hanya bisa melihat mobil ini dari bagian luar dan tidak bisa masuk kedalam mobil ini.

Jok mobil, stir hingga bagian-bagian yang ada didalamnya dalam kondisi baik. Mobil ini, kerap digunakan Nike Ardilla saat bepergian keluar kota.

Barang-barang di Museum Nike ArdillaBarang-barang di Museum Nike Ardilla Foto: Wisma Putra

2. Beragam Barang Nike Ardilla

Museum Nike Ardilla ini ada di lantai 2, sedangkan lantai 1 nya digunakan sebagai rumah ibundanya. Terdapat banyak foto-foto Nike Ardilla sejak ia menjadi penyanyi, bermain film hingga menjadi foto model.

Ada juga beberapa lukisan, ada lukisan yang sudah berumur dan ada juga lukisan terbaru hasil sumbangan fans. Buku, kliping koran dan majalah pun ada.

Barang-barang di Museum Nike ArdillaBarang-barang di Museum Nike Ardilla Foto: Wisma Putra

Tak hanya itu, di museum ini terdapat banyak kaset yang berisikan album Nike Ardilla, dari mulai album pertama hingga sembilan, dari mulai peringatan hitam hingga kaset vita.

Ada juga, berbagai make up, aksesori dari mulai cincin, gelang, jam tangan, anting, sepatu dan lainnya masih tersimpan rapi di museum ini. Baju konser, baju pemotretan hingga baju bermain film pun masih ada dipajangkan.

3. Kamar Nike Ardilla

Selain bisa melihat barang-barang peninggalan Nike Ardilla, pengunjung museum ini juga bisa melihat kamar Nike Ardilla.

Didalam kamar tersebut, terdapat banyak foto Marilyn Monroe yqng berjajar rapi. Seperti diketahui Nike Ardilla, sangat ngefans kepada Marilyn Monroe.

Meski kamar tersebut replika, barang-barang dan properti yang ada didalam kamar, asli milik Nike Ardilla di rumahnya dulu.

Pada bagian pintu kamar berwarna coklat, ada tulisan nama 'NIKE ARDILLA', ada juga tulisan seperti crayoon bertuliskan 'KAMAR GUE EUY' dan 'MARILYN MONROE', pintu tersebut juga pintu asli di kamar Nike Ardilla dulu.

Barang-barang di Museum Nike ArdillaBarang-barang di Museum Nike Ardilla Foto: Wisma Putra

4. Pintu Depan Mobil Honda Genio

Medinding, hal pertama itulah yang akan Anda rasakan ketika melihat banyak barang peninggalan Nike Ardilla yang terpajang di museumnya. Pintu mobil Honda Genio berwarna hijau tua akan mencuri perhatian Anda.

Sejak kejadian kecelakaan lalu lintas yang merenggut nyawa Nike Ardilla, pintu mobil disimpan di museum tersebut. Pintu mobil itu dalam kondisi ringsek, tanpa kaca, terpajang dan disangga menggunakan besi berwarna hijau muda.

"SAKSI BISU TRAGEDI 19 MARET PUKUL 06.15 WIB JALAN MARTADINATA (JLN RIAU) BANDUNG. "BANDUNG KELABU." tulis keterangan di pintu mobil itu.

Selain itu, ada juga foto mobil berpelat nomor B 27 AK dalam kondisi utuh atau sebelum kecelakaan terjadi dipasang di tiang penyangga pintu mobil itu.

Barang-barang di Museum Nike ArdillaBarang-barang di Museum Nike Ardilla Foto: Wisma Putra


Simak Video "Momen Anggota DPRD Garut Ngamuk, Gebrak Meja-Banting Mic saat Rapat"
[Gambas:Video 20detik]
(wip/tey)