Menengok Makam Nike Ardilla di Ciamis Jelang Haul ke-27

Dadang Hermansyah - detikJabar
Senin, 14 Mar 2022 07:30 WIB
Makam Nike Ardill
Makam Nike Ardill (Foto: Dadang Hermansyah/detikJabar).
Ciamis -

Setiap bulan Maret merupakan hari yang 'sakral' bagi fans berat Nike Ardilla. Ribuan orang datang ke Makam Nike Ardilla di Desa Imbanagara, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, untuk Haul (tradisi peringatan kematian).

Menjelang Haul ke 27 pada 19 Maret 2022, sejumlah fans Nike Ardilla sudah bersiap-siap. Seperti pada Rabu (9/3/2022) lalu, terlihat beberapa fans dan warga setempat sedang bebersih dan melakukan pengecatan pagar makam Nike Ardilla.

Makam Nike Ardilla kini terlihat bersih. Ada beberapa poster dan spanduk menghiasi bangunan bekas penginapan fans Nike Ardilla. Di area pemakaman terdapat masjid Nurul Ardilla dan sebuah patung wajah Nike Ardilla yang terbuat dari marmer.


Agus Rachman, seorang fans Nike Ardilla asal Kota Banjar, mengaku kegiatan bebersih ini sebagai persiapan untuk kegiatan Haul ke 27. Persiapan lainnya memasang beberapa spanduk dan poster bernuansa Nike Ardilla.

"Sekarang sedang bebersih sama cat pagar. Ada dari Banjar, Cilacap dan Lampung. Untuk persiapan Haul nanti tanggal 19 Maret," ujar Agus.

Menurut Agus, setiap Haul, penggemar atau fans Nike Ardilla dipastikan berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia. Meskipun secara khusus tidak ada panitia kegiatan. Biasanya mereka melaksanakan doa bersama dan pengajian.

"Kalau datang pasti, jumlahnya banyak dari seluruh Indonesia bahkan dari mancanegara juga ada. Kalau saat ini memang izin dari pemerintah setempat untuk kegiatan. Memang harus ada izin karena kondisinya Pandemi," ungkapnya.

Kalau pun nantinya tidak ada izin, para fans yang datang bisa secara bergantian melaksanakan doa bersama di lokasi makam. Mengingat yang datang berasal dari berbagai daerah.

"Semoga pelaksanaannya nanti berjalan lancar. Alhamdulillah saya meskipun orang baru di fans club Nike Ardilla tapi saya bisa berbuat, dengan merawat makam ini. Sudah berjalan 5 bulan," katanya.

(mso/bbn)