Gerak Cepat Dedi Mulyadi Evakuasi Kucing Kampung yang Terluka ke RS

Dian Firmansyah - detikJabar
Senin, 14 Mar 2022 09:58 WIB
Dedi Mulyadi Evakuasi Kucing
Foto: Istimewa
Jakarta -

Kisah tak biasa terjadi saat Kang Dedi Mulyadi hendak berkunjung ke perkampungan warga di samping SDN 1 Cipaisan, Kelurahan Cipaisan, Kecamatan Purwakarta Kota, Kabupaten Purwakarta.

Saat hendak menuju perkampungan, Dedi tiba-tiba menghentikan langkahnya karena melihat seekor kucing kampung terbaring sakit di pinggir salah satu rumah dengan luka terbuka menganga. Kucing berwarna putih itu rupanya selama sakit dirawat oleh seorang ibu bernama Susan dan kedua anaknya.

"Bukan kucing saya. Ini ditemukan di tempat sampah sekitar 1,5 bulan lalu," ujar Susan berdasarkan informasi yang diterima detikcom, Minggu (13/03/2022).


Karena iba melihat kucing tersebut, Susan langsung membawanya ke rumah untuk dirawat bersama kedua anaknya.

"Kemungkinan mah ini kucing kegeleng (terlindas) di jalan raya atau berantem. Terus diobati oleh kita pake betadin. Alhamdulillah sekarang kulitnya mulai ada lagi," katanya.

Selama di rumah tersebut kucing yang diberi nama Lukas alias Luka Membekas itu dirawat oleh kedua anaknya. Anak pertama Maryani bekerja di PMI Purwakarta dan adiknya Rifa Aditya masih bersekolah kelas 3 di SMKN 2 Purwakarta.

Melihat kondisi kucing yang memprihatinkan, Kang Dedi pun berinisiatif menelepon dokter hewan. Ia pun mengapresiasi penolong kucing tersebut.

"Saya mau kasih hadiah untuk anak ibu yang masih sekolah karena mempunyai jiwa kemanusiaan untuk merawat kucing ini. Saya mau kasih hadiah atas kedermawanannya merawat kucing ini," ucap Dedi di keterangan tertulisnya.

Tak lama dokter hewan pun datang ke lokasi. Sempat terjadi kepanikan karena tiba-tiba kucing kabur dan hilang. Akhirnya setelah dilakukan pencarian kucing ditemukan bersembunyi di lingkungan sekolah.

Setelah dilakukan pemeriksaan, dokter menduga kucing mengalami luka terbuka akibat berkelahi. Awalnya luka kecil namun karena sebelum ditemukan tak diobati sehingga terus membesar.

"Untuk sementara kita bersihkan. Tapi karena lukanya sangat lebar maka harus dibawa ke RS Hewan Cikole," ujar Dokter.

Kang Dedi pun langsung meminta izin kepada Susan untuk membawa Lukas ke rumah sakit sesuai saran dokter. Susan pun mempersilakan.

"Kita bawa kucingnya ke rumah sakit untuk rawat inap. Mohon doanya ya supaya kucing Lukas cepat sehat lagi," pungkas Kang Dedi Mulyadi.



Simak Video "Viral Anggota DPR Dedi Mulyadi Ditampar ODGJ"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)