Jabar Tunggu Arahan Pusat Soal Babak Akhir Pandemi

Sudirman Wamad - detikJabar
Rabu, 09 Mar 2022 22:00 WIB
Corona di Indonesia Saat Ini: 6 Kebijakan Terbaru Usai 2 Tahun Pandemi
Ilustrasi kasus Corona di Indonesia. (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Bandung -

Pemprov Jabar menunggu keputusan pemerintah pusat terkait deklarasi dari pandemi menunju endemi. Pemerintah telah mengklaim situasi pandemi semakin terkendali.

"Kita masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dari pemerintah pusat terkait bergeser dari pandemi ke endemi," kata Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja, Rabu (9/3/2022).

Setiawan mengatakan, saat ini roadmap tentang menuju endemi sedang dikaji Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Peran masyarakat juga dinilai vital untuk bisa menunju endemi.


Setiawan juga memaparkan tentang kondisi COVID-19 di Jabar. Menurutnya, Jabar berhasil mengendalikan situasi pandemi.

"Pasien yang aktif saat ini, yang banyak itu isolasi mandiri dibandingkan dengan keterisian tempat tidur di rumah sakit. Kewaspadaan masyarakat juga penting," katanya.

Menurut Setiawan, saat status Indonesia telah endemi, kasus Corona tak akan berbeda jauh dengan flu. Sehingga, perlu pengawasan ekstra dan kepatuhan masyarakat saat menjalani isolasi mandiri.

"Varian Omicron itu tiga hari isolasi dan berobat, terus sembuh. Kalau ini bisa bertahan, bisa dari pandemi ke endemi. Jadi seperti flu biasa," katanya.

Sebelumnya, Guru besar Fakultas Kesehatan Universitas Padjajaran (Unpad) Prof Kusnadi Rusmil mengatakan, pertimbangan perubahan status ke endemi belum bisa dilakukan karena angka penularan dan positify rate di Indonesia masih tinggi. Belum lagi, angka kasus kematian juga masih besar di beberapa daerah.

"Kalau sekarang sepertinya belum bisa mengubah menjadi endemis. Kita lihat angka kematian masih tinggi, angka penularannya juga sama masih tinggi," kata Prof Kusnadi saat ditemui wartawan di kediamannya, Bandung, Senin (7/3/2022).



Simak Video "Begal Dikeroyok Warga di Bandung, Disebut Sempat Todongkan Pistol"
[Gambas:Video 20detik]
(sud/orb)