Jalan Ciamik di Garut Dipelototi Polisi Gegara Jadi Trek Balapan

Jalan Ciamik di Garut Dipelototi Polisi Gegara Jadi Trek Balapan

Hakim Ghani - detikJabar
Selasa, 08 Mar 2022 10:25 WIB
Jalan Ibrahim Ajie Garut.
Polisi siaga di Jalan Ibrahim Ajie, Garut. (Foto: Hakim Ghani/detikJabar)
Garut -

Jalan Ibrahim Ajie yang memiliki pemandangan indah di Tarogong Kaler, Kabupaten Garut malah jadi tempat ugal-ugalan pemuda usai rampung dibangun. Polisi akan pelototi jalan tersebut dan siap melakukan penindakan.

Jajaran Polsek Tarogong Kaler mulai mengintensifkan pengawasan di kawasan tersebut. Petugas polsek disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran hingga balapan liar di jalanan tersebut.

"Kita mengintensifkan pengawasan dan edukasi kepada masyarakat. Memang jalan ini baru saja dibangun dan mulus, sehingga dikhawatirkan dijadikan arena balapan liar," kata Kapolsek Tarogong Kaler Iptu Budiman kepada wartawan, Selasa (8/3/2022).


Jalan Ibrahim Ajie baru saja rampung dibangun tahun ini. Berbeda dengan jalan lainnya, jalan sepanjang 6 kilometer yang membentang dari kawasan Tanjung hingga Jalan Raya Samarang itu memiliki pemandangan yang juara.

Pemandangan indah tiga gunung utama di Garut yakni Guntur, Papandayan dan Cikuray terlihat jelas dari jalanan ini. Ditambah lagi, suasana kampung dan pesawahan menambah kesejukan di tempat ini.

Jalan Ibrahim Ajie Garut.Jalan Ibrahim Ajie Garut. (Foto: Hakim Ghani/detikJabar)

Sayangnya, setelah dibuka dan bisa digunakan untuk umum, jalanan ini malah disalahgunakan. Para pemuda kurang kerjaan terpantau melakukan aksi sembrono di jalan ini. Mulai dari melakukan zig-zag hingga jumping dengan kendaraan roda dua.

Hal tersebut membahayakan pengendara lain yang melintas di sana. Padahal, jalan tersebut jadi alternatif bagi wisatawan untuk bisa menjangkau tempat wisata unggulan di Garut seperti Kawah Darajat dan Gunung Papandayan.

Pihak kepolisian sendiri terpantau sudah memasang banner peringatan di lokasi. Isinya, larangan dan ancaman bagi para pemuda untuk melakukan aksi ugal-ugalan di jalanan ini.

Budiman menambahkan, jika ditemukan kembali pengendara ugal-ugalan di tempat ini, tindakan tegas akan diberikan.

"Dalam beberapa kali patroli kita lakukan tindakan terhadap pelanggar di sini. Kita bawa ke kantor, termasuk untuk pelanggar knalpot bising," ungkap Budiman.



Simak Video "Momen Anggota DPRD Garut Ngamuk, Gebrak Meja-Banting Mic saat Rapat"
[Gambas:Video 20detik]
(ors/bbn)