Soal Ribut Novanto-Nurhadi, Kemenkum HAM Jabar: Sudah Kondusif

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Senin, 07 Mar 2022 17:53 WIB
Saung elite yang berada di Lapas Sukamiskin masih berdiri sampai saat ini. Ini penampakannya.
Lapas Sukamiskin (Foto: Baban Ganda Purnama/detikJabar)
Bandung -

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jabar memastikan situasi di Lapas Sukamiskin usai kabar ribut Setya Novanto dan Nurhadi sudah kondusif. Permasalahan sudah diselesaikan secara damai.

"Sebetulnya sudah kondusif dan itu kejadian Februari, tanggal 19 dan tanggal 20-nya sudah tidak ada apa-apa," ucap Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar Sudjonggo kepada detikJabar, Senin (7/3/2022).

Ribut-ribut tersebut memang tak melibatkan langsung eks Ketua DPR RI dengan mantan sekretaris Mahkamah Agung (MA). Melainkan antara Irvanto yang disebut berada di 'kubu' Novanto dan Amiril yang disebut berada di 'kubu' Nurhadi.


Atas kasus tersebut, Lapas Sukamiskin sendiri sudah memberikan hukuman kepada Irvanto dengan 'mengasingkan' selama enam hari. Kasus selesai usai Irvanto menandatangani hitam di atas putih.

Sementara itu, terkait isu kubu-kubuan di Lapas Sukamiskin, Sudjonggo memastikan hal tersebut tak terjadi atau mengarah ke hal negatif. Menurut dia, hal itu hanya sebatas pergaulan di dalam Lapas Sukamiskin.

"Bukan kubu-kubuan atau kelompok, tapi lebih kepada orang lebih senang bersosialisasi dengan siapa. Misalnya, orang yang suka basket akan bergaulnya dengan sesama penyuka basket juga," katanya.

"Sukamiskin ini kan lembaga yang isinya Tipikor notabene kaum intelektual, dari strata sosial dan pendidikan. Di sana (Lapas Sukamiskin) ada mantan Korlantas yang pangkatnya bintang dua, kalau kubu-kubuan menang mungkin. Jadi, tidaklah (ada kubu-kubuan). Paling hanya si A orangnya ini, karena sering ngobrol saja," tutur Sudjonggo menambahkan.

Menurut dia, dalam perjalanan keseharian di dalam lapas, dia tak memungkiri hal itu tentu akan terjadi suatu gesekan. "Tidak mungkin enggak. Namanya manusia hidup, kumpul bersama dalam waktu yang panjang ada perselisihan itu pasti, tapi perselisihan itu menjadi besar, kan belum tentu juga," ujar Sudjonggo.

Sebelumnya, Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto kembali 'berulah'. Kali ini, dia dikabarkan terlibat ribut dengan mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi di Lapas Sukamiskin.

Keduanya memang sama-sama mendekam di lapas khusus koruptor yang terletak di Jalan AH Nasution, Kota Bandung. Novanto lebih dulu berada di lapas tersebut sedangkan Nurhadi baru beberapa waktu lalu dieksekusi oleh KPK.

Keributan keduanya ini dibenarkan oleh Kalapas Sukamiskin Elly Yuzar. Akan tetapi, dia menegaskan yang ribut bukan Novanto dan Nurhadi langsung, melainkan Irvanto dan Amiril. Irvanto diketahui keponakan Novanto yang berada di sisi Novanto sedangkan Amiril berada di sisi Nurhadi.

"Yang ribut itu bukan Setya Novanto ataupun Nurhadi. Saya katakan, itu Irvanto dengan Amiril," ujar Elly kepada detikJabar, Rabu (2/3).



Simak Video "Momen Anggota DPRD Garut Ngamuk, Gebrak Meja-Banting Mic saat Rapat"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/bbn)