Soal Wawali Bandung, Yana: Silakan PKS dan Gerindra Bicara ya

Rifat Alhamidi - detikJabar
Senin, 07 Mar 2022 11:04 WIB
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana (Foto: Rifat Alhamidi)
Bandung -

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana masih enggan berkomentar banyak perihal kekosongan kursi wakil walikota (Wawali) hingga setahun mendatang. Yana mengaku akan mengikuti semua kebijakan Partai Gerindra yang menjadi parpol pengusungnya pada Pilkada 2018 lalu.

"Kalau saya pasti harus gimana partai, da saya kan bagian dari Partai Gerindra. Silakan aja PKS dengan Gerindra lakukan pembicaraan yah, saya mah ikut aja," kata Yana kepada wartawan di Balai Kota Bandung Jl Wastukencana, Senin (7/3/2022).

Mengenai posisinya pun, Yana tak mau ambil pusing jika memang ia bakal dilibatkan atau tidak dalam proses penentuan kursi Wawali Bandung itu. Yana hanya menegaskan hingga kini belum ada pembicaraan secara formal dari PKS mengenai usulan nama calon wawali kepada Gerindra.


"Jangan berandai-andai yah, faktanya juga belum ada pembicaraan formal dari PKS ke Gerindra. Karena kan PKS itu harus bicara sama Gerindra, harus bicara sama PBB juga, kan pengusung tiga partai itu," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Yana pun hanya mau berkomentar perihal hasil paripurna DPRD kemarin mengenai usulan wali kota Bandung definitif. Selebihnya, ia tak mau berkomentar banyak termasuk penentuan kursi wawali hingga sebelum pelantikan walikota.

"Enggak tahu yah. Sekarang mah setelah paripurna kemarin, dewan mengusulkan ke provinsi, provinsi usulin ke Kemendagri. Ya kita tunggu, da atuh saya ga tahu yah (ada penentuan wawali hingga tanggal 23 Maret)," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, PKS sudah menyodorkan dua dari empat nama untuk mengisi kekosongan kursi Wakil Wali Kota Bandung. Mereka adalah Ketua DPD PKS Kota Bandung Khairullah dan Anggota DPRD Jabar sekaligus istri almarhum Oded M Danial, Siti Muntaman.



Simak Video "Ridwan Kamil Melantik Yana Mulyana Jadi Wali Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(ral/yum)