Pahala Puasa Rajab, Cek Juga Jadwalnya agar Tak Terlewat

Pahala Puasa Rajab, Cek Juga Jadwalnya agar Tak Terlewat

Devi Setya - detikHikmah
Selasa, 17 Jan 2023 08:00 WIB
Jadwal buka puasa Tangerang hari ini sudah dirilis oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI. Hari ini merupakan waktu terakhir berbuka puasa di bulan Ramadan 2022.
Ilustrasi puasa rajab 2023 yang bernilai pahala besar Foto: Getty Images/iStockphoto/Nadiia Cherenkova
Jakarta - Bulan Rajab disebutkan sebagai salah satu dari empat bulan mulia dalam Islam. Pada bulan Rajab, setiap amalan yang dilakukan akan bernilai pahala besar. Termasuk dengan amalan puasa sunnah.

Keistimewaan bulan Rajab bahkan disebutkan dalam Al-Qur'an surat At-Taubah ayat 36.

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Arab-Latin: Inna 'iddatasy-syuhụri 'indallāhiṡnā 'asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa min-hā arba'atun ḥurum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā taẓlimụ fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatang kamā yuqātilụnakum kāffah, wa'lamū annallāha ma'al-muttaqīn

Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

Hadits tentang Keutamaan Bulan Rajab

Miftah Fauzi dalam bukunya Memburu Syurga di Bulan Istimewa, menjelaskan keutamaan bulan Rajab dibandingkan bulan-bulan lainnya. Keutamaan bulan Rajab tergambar dalam hadis yang diriwayatkan Abu Bakrah RA, bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram
(suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhar yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya'ban," (H.R. Bukhari dan Muslim).

Pahala Puasa Rajab

Terkait keutamaan puasa Rajab, Imam al-Ghazali dalam kitab Ihyâ 'Ulumiddîn mengutip dua hadits tentang puasa di bulan Rajab.

"Satu hari berpuasa pada bulan haram (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab), lebih utama dibanding berpuasa 30 hari pada bulan selainnya. Satu hari berpuasa pada bulan Ramadhan, lebih utama dibanding 30 hari berpuasa pada bulan haram.

Kemudian dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa berpuasa selama tiga hari dalam bulan haram, hari Jumat, dan Sabtu, maka Allah balas setiap satu harinya dengan pahala sebesar ibadah 900 tahun."

Dilansir dari situs Kementerian Agama Kabupaten Kudus, berikut beberapa pahala puasa di bulan Rajab:

Sayyid Abu Bakar Syattha' dalam I'ânah at-Thâlibîn mengutip hadits:

"Berpuasalah pada bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah! Berpuasalah pada bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah! Berpuasalah pada bulan-bulan mulia dan tinggalkanlah!. (HR Abu Dawud dan yang lainnya).

Kemudian Rasulullah SAW bersabda,

"Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan." (HR At-Thabrani).

Dari Abu Hurairah (sahabat Nabi Muhammad SAW), Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan."

Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut."

Jadwal Puasa Rajab 2023

Berdasarkan kalender hijriah 1 Rajab 1444 Hijriyah bertepatan dengan hari Senin, 23 Januari 2023. Dengan demikian umat muslim bisa melakukan puasa Rajab sejak tanggal 23 Januari 2023.

Berikut jadwal puasa di tanggal 1-10 Rajab 1444 H:

- Senin 23 Januari 2023/1 Rajab 1444 H

- Selasa 24 Januari 2023/2 Rajab 1444 H

- Rabu 25 Januari 2023/3 Rajab 1444 H

- Kamis 26 Januari 2023/4 Rajab 1444 H

- Jumat 27 Januari 2023/5 Rajab 1444 H

- Sabtu 28 Januari 2023/6 Rajab 1444 H

- Minggu 29 Januari 2023/7 Rajab 1444 H

- Senin 30 Januari 2023/8 Rajab 1444 H

- Selasa 31 Januari 2023/9 Rajab 1444 H

- Rabu 1 Februari 2023/10 Rajab 1444 H



Simak Video "Tips dari Dokter untuk Pengidap Kolesterol Agar Aman Jalankan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/lus)