6 Surat yang Jelaskan tentang Hari Kiamat

6 Surat yang Jelaskan tentang Hari Kiamat

Kristina - detikHikmah
Selasa, 06 Des 2022 13:45 WIB
Concept image of the earth Slowly Burning with pollution, showing North central and south america. Earth based on Nasa image.
Ilustrasi surat yang menjelaskan tentang hari kiamat. Foto: iStock
Jakarta - Allah SWT telah mengabarkan mengenai datangnya hari kiamat atau kehancuran alam semesta dan seluruh isinya. Peristiwa besar ini dijelaskan melalui sejumlah surat dalam Al-Qur'an.

Para ulama tafsir mengatakan bahwa kiamat adalah sesuatu yang pasti terjadi dan tidak ada keraguan padanya. Salah satunya seperti dikatakan Imam Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya. Janji Allah SWT ini termaktub dalam surat Al Hajj ayat 7. Allah SWT berfirman,

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

Artinya: "Sesungguhnya kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya dan sesungguhnya Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur."

Dijelaskan dalam Tafsir Ibnu Katsir, ketika kiamat datang, Allah SWT mengembalikan orang-orang yang telah meninggal dunia menjadi hidup setelah tubuh mereka hancur dan menciptakan kembali mereka setelah tiada.

Surat yang Menjelaskan tentang Kiamat

Selain dalam surah Al Hajj ayat 7, peristiwa kiamat juga dijelaskan dalam firman-Nya yang lain. Beberapa surat yang menjelaskan tentang kiamat adalah surat Al Infitar, Al Qiyamah, Az Zalzalah, Al Qariah, An Naba, dan Al Waqiah. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Al Infitar

Surat Al Infitar adalah surat ke-82 dalam urutan mushaf Al-Qur'an yang terdiri dari 19 ayat. M. Khalilurrahman Al Mahfani mengatakan dalam buku Juz Amma Tajwid Berwarna & Terjemahannya, surat Al Infitar tergolong surat Makkiyah yang turun setelah surat An Nazi'at.

Surat ini menjelaskan tentang hari kiamat dan kerusakan yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut. Bacaan surat Al Infitar ayat 1-9 Arab, latin, dan terjemahnya klik di sini.

2. Al Qiyamah

Surat Al Qiyamah adalah surat ke-75 dalam urutan mushaf Al-Qur'an. Surah ini terdiri dari 40 ayat dan tergolong surah Makkiyah. Syaikh Adil Muhammad Khalil menjelaskan dalam buku Tadabur Al-Qur'an, surat ini dinamakan Al Qiyamah karena berisi tentang hari kiamat dan huru-haranya dari awal hingga akhir.

Bacaan surat Al Qiyamah ayat 1-40 Arab, latin, dan terjemahnya klik di sini.

3. Az Zalzalah

Surat yang menjelaskan tentang hari kiamat lainnya adalah Az Zalzalah. Surat ini berada dalam urutan ke-99 dalam mushaf Al-Quran yang terdiri dari 8 ayat dan termasuk dalam surat Juz Amma.

Pada permulaan ayat ini, Allah SWT menjelaskan tentang dahsyatnya hari kiamat dengan ditandai guncangan dahsyat yang membuat bumi mengeluarkan isi perutnya. Demikian menurut Tafsir Kementerian Agama RI.

Bacaan surat Az Zalzalah ayat 1-8 Arab, latin, dan terjemahnya klik di sini.

4. Al Qariah

Surat Al Qariah adalah surat ke-101 dalam urutan mushaf Al-Qur'an yang terdiri dari 11 ayat. Imam Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya mengatakan, Al Qariah adalah nama lain dari hari kiamat, seperti Al Haqqah, At Tammah, As Sakhkhah, Al Ghasyiyah, dan lainnya.

Ia menjelaskan lebih lanjut, pada permulaan surat Al Qariah, Allah SWT menggambarkan tentang kedahsyatan dan kengerian hari kiamat. Bacaan surat Al Qariah ayat 1-11 Arab, latin, dan terjemahnya klik di sini.

5. An Naba

An Naba adalah surat ke-78 dalam urutan mushaf Al-Qur'an. Surat ini terdiri dari 40 ayat dan diturunkan di Mekkah sehingga tergolong surat Makkiyah.

Seperti surat-surat sebelumnya, An Naba juga menjelaskan tentang datangnya janji Allah SWT tentang kiamat. Bacaan surat An Naba ayat 1-40 Arab, latin, dan terjemahnya klik di sini.

6. Al Waqiah

Surat Al Waqiah adalah surat ke-56 dalam urutan mushaf Al-Qur'an yang terdiri dari 96 ayat. Surat ini diturunkan di Kota Mekkah atau sebelum Hijrah dan tergolong surat Makkiyah.

Kepastian datangnya hari kiamat turut dijelaskan dalam surat Al Waqiah mulai ayat pertama. Proses terjadinya peristiwa besar tersebut juga dijelaskan dalam ayat-ayat selanjutnya. Bacaan surat Al Waqiah ayat 1-96 Arab, latin, dan terjemahannya klik di sini.

Selain lima surat di atas, ada sejumlah ayat yang turut menjelaskan tentang hari kiamat. Di antaranya surat Al Haqqah ayat 15-18, surat Qaf ayat 44, surat Yunus ayat 46, surat Al Kahfi ayat 47, surat Al Baqarah ayat 254, dan surat An Nahl ayat 89.

Simak Video "Cara Orang-orang Terkaya di Dunia Hadapi 'Hari Kiamat' "
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)