137 Perguruan Tinggi Bergabung dalam SNPMB 2023

137 Perguruan Tinggi Bergabung dalam SNPMB 2023

Pasti Liberti Mappapa - detikEdu
Selasa, 06 Des 2022 19:00 WIB
Suasana UTBK SBMPTN 2022 di UGM
Suasana seleksi masuk PTN yang digelar di UGM Yogyakarta pada 2022 lalu (Foto: Firsto/UGM)
Jakarta -

Sebanyak 137 perguruan tinggi bergabung dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru atau SNPMB 2023. Jumlah ini lebih banyak 12 institusi dibandingkan tahun sebelumnya.

Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB yang juga Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng mengungkapkan tahun lalu 74 PTN, 39 Politeknik Negeri, 11 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN), dan 1 Universitas Terbuka (UT).

Jalur masuk PTN pada 2022 disebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

"Total 125 tahun lalu," ujar Ashari dalam Sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2023 di Gedung Research Center Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Selasa (6/12/2022).

Rektor ITS itu menyambung,"Tahun ini PTN bertambah 1, Politeknik Negeri jadi 43, kemudian PTKIN menjadi 18. Totalnya 137. Jadi tahun ini lebih banyak perguruan tinggi yang bergabung."

Ashari pun menyatakan SNPMB 2023 disediakan jalur untuk program strata D3 untuk jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Sebelumnya seleksi nasional hanya untuk program sarjana (S1) dan sarjana terapan (D4).

"Tahun ini ditambah. Kalau anak-anak kita ingin di D3 itu langsung. Seleksi kita di jalur SNBP dan SNBT untuk tiga strata. Diploma tiga, sarjana terapan atau D4, dan sarjana atau S1," ujar guru besar bidang Teknik Elektro itu.

Sosialisasi SNPMB 2023 ini dihadiri oleh para perwakilan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMA sederajat se-Jawa Timur (Jatim), serta perwakilan Musyawarah Guru BK SMA sederajat di Jatim.

Adapun Kepala Pusat Asesmen Pendidikan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Asrijanty menyampaikan, sejumlah perubahan pada sistem penerimaan mahasiswa baru bertujuan untuk menjembatani keselarasan antara kebijakan pada pendidikan dasar menengah dengan pendidikan di perguruan tinggi.

"Perubahan yang terjadi meliputi kelembagaan, jumlah perguruan tinggi, pilihan jurusan, dan konten tes," ujarnya.



Simak Video "Motif Pembunuhan Mahasiswa Unpad: Sakit Hati Foto Aib Akan Disebar"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia