Mau Jadi Siswa Eligible SNBP 2023? Begini Pemeringkatan Siswa oleh Sekolah

Mau Jadi Siswa Eligible SNBP 2023? Begini Pemeringkatan Siswa oleh Sekolah

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 02 Des 2022 06:40 WIB
Sekolah
Ketentuan pemeringkatan siswa oleh sekolah dalam rangkaian proses penentuan siswa eligible di SNBP 2023.Foto: shutterstock
Jakarta -

Dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023, siswa eligible adalah siswa yang berhak atau dapat mendaftar SNBP sesuai ketentuan. Siswa eligible SNBP 2023 dapat berasal dari SMA, MA, dan SMK.

Ketua Umum Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 Prof Mochamad Ashari mengatakan SMA, SMK, dan MA dengan akreditasi A dapat mendaftarkan 40 persen siswa terbaik di sekolahnya untuk ikut SNBP 2023.

Lebih lanjut, sekolah dengan akreditasi B dapat mendaftarkan 25 persen siswa terbaik di sekolahnya. Sementara itu, sekolah berakreditasi C dan lainnya dapat mendaftarkan 5 persen siswa terbaik di sekolah.

"Pengumuman kuota sekolah di SNBP 2023 akan diumumkan pada 28 Desember 2022," kata Ashari di konferensi pers SNPMB 2023 secara daring, Kamis (1/12/2022).

Untuk menentukan siswa yang bisa ikut jalur prestasi nasional untuk masuk PTN ini, sekolah akan melakukan pemeringkatan siswa. Berikut sejumlah ketentuannya.

Ketentuan Pemeringkatan Siswa oleh Sekolah di SNBP 2023

  1. Pemeringkatan siswa dilakukan sekolah dengan memperhitungkan nilai rerata semua mata pelajaran semester 1 sampai semester 5
  2. Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama.
  3. Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah

Seperti disebutkan di atas, prestasi unggul atau prestasi akademik siswa turut menentukan eligibilitas mengikuti SNBP 2023. Prestasi siswa dan nilai rapor juga dipertimbangkan PTN tujuan untuk diterima di kampus.

Semoga berhasil di SNBP 2023, ya, detikers!



Simak Video "Kepsek MTs di Gresik yang Pukul 15 Siswi Diduga Berbuat Cabul"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia