5 Kampus Muhammadiyah dengan Daya Tampung Terbesar 2022

5 Kampus Muhammadiyah dengan Daya Tampung Terbesar 2022

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Kamis, 06 Okt 2022 13:00 WIB
Universitas Muhammadiyah Malang
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kampus Muhammadiyah dengan daya tampung mahasiswa baru terbesar tahun 2022. (Dokumen Humas UMM)
Jakarta -

Muhammadiyah mencatat, ada 5 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (PTMA) dengan jumlah penerimaan mahasiswa baru terbanyak di Indonesia per tahun 2022. Angka penerimaan ini dapat menjadi gambaran daya tampung kampus bagi calon mahasiswa yang hendak mendaftar.

Berdasarkan data Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah (Diklitbang), hingga Oktober 2022, terdapat sebanyak 172 PTMA yang terdiri dari universitas, sekolah tinggi, akademi, institut, dan politeknik.

Dalam kaitannya, Muhammadiyah dan 'Aisyiyah merupakan organisasi Islam yang memiliki banyak lembaga pendidikan Islam, dari mulai tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Meski tergolong ke dalam universitas swasta, kualitas dan keunggulan PTMA tidak kalah dengan perguruan tinggi negeri.

Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di PTMA, berikut 5 universitas Muhammadiyah dengan jumlah penerimaan mahasiswa terbanyak tahun 2022 yang dilansir dari laman resmi Muhammadiyah, Kamis (6/10/2022).

5 Kampus Muhammadiyah dengan Daya Tampung Terbesar 2022

1. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merupakan salah satu kampus yang terletak di Malang. UMM menempati peringkat pertama sebagai PTMA terbaik di Indonesia menurut University Ranking (UniRank) edisi Juli 2022.

Bahkan, UMM menjadi salah satu kampus yang diminati oleh calon mahasiswa baru. Sebanyak 17.500 pendaftar memperebutkan kursi mahasiswa di UMM pada tahun 2022.

Dari sekian banyak pendaftar, UMM hanya menerima 8.000 mahasiswa baru untuk bergabung bersama di universitas yang dijuluki Kampus Putih itu.

2. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Sebanyak 7.804 mahasiswa baru secara resmi diterima oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Mayoritas prodi di kampus itu menyandang akreditasi "A".

Prodi-prodi tersebut di antaranya adalah Farmasi, Pendidikan Kedokteran, Kedokteran Gigi, Gizi, Psikologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Manajemen beserta kelas Internasionalnya, Teknik Informatika, dan Fisioterapi.

UMS juga membuka banyak jalur pendaftaran seperti jalur e-seleksi dengan rapor dan prestasi, serta jalur tes CBT (Computer Based Text) dengan reservasi.

Buat kamu yang mencari program beasiswa, jangan khawatir. UMS juga menyediakan berbagai macam beasiswa yang bisa diikuti oleh mahasiswa baru.

3. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Selanjutnya adalah Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjadi salah satu kampus yang berlokasi di Yogyakarta. UAD merupakan kampus Muhammadiyah dengan mahasiswa terbanyak yaitu sebesar 7.153 mahasiswa.

Kampus ini memberikan kesempatan bagi calon Dahlan Muda, sebutan bagi mahasiswa baru UAD untuk bergabung dengan melalui banyak jalur.

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Kampus Muhammadiyah dengan jumlah penerimaan mahasiswa terbanyak yang keempat adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY.

Kampus dengan julukan Muda Mendunia tersebut juga menjadi kampus favorit di Yogyakarta. Sebanyak 5.570 mahasiswa baru tahun 2022 diterima secara resmi oleh UMY.

Tidak hanya menerima mahasiswa dalam negeri, UMY juga menerima mahasiswa asing. Tercatat sebanyak 1.411 mahasiswa asing dari 59 negara telah mendaftar sebagai calon mahasiswa baru di UMY 2022.

Peningkatan jumlah mahasiswa asing yang mendaftar di UMY menjadi salah satu bentuk pencapaian UMY yang berhasil memperoleh kepercayaan masyarakat Indonesia secara khusus dan bertaraf Internasional.

5. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menempati urutan kelima kampus Muhammadiyah dengan daya tampung terbesar per tahun 2022.

UMSU menerima sebanyak 5.200 mahasiswa baru pada tahun 2022. Kampus Muhammadiyah tersebut menawarkan beragam prodi, seperti Pendidikan Dokter, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Agroteknologi, dan juga Teknik Mesin.

Itulah 5 universitas Muhammadiyah dengan daya tampung mahasiswa baru terbanyak tahun 2022. Tertarik untuk mendaftar detikers?



Simak Video "Kampus Unanda Palopo Diserang Warga Buntut Demo Tewaskan Satpam"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia