SBMPTMu 2022 Dibuka, Ini 10 PT Muhammadiyah Terbaik versi Webometrics 2022

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 26 Apr 2022 19:30 WIB
kampus UAD dan UMY
Foto: Pradito R Pertana/detikcom/SBMPTMu 2022 Dibuka, Ini 10 PT Muhammadiyah Terbaik versi Webometrics 2022
Jakarta -

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah/'Aisyiyah (SBMPTMu) kembali dibuka untuk calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Pelaksanaan SBMPTMu tahun ini memasuki tahun ke-5 setelah sebelumnya diresmikan pada 2018 lalu.

SBMPTMu merupakan sistem terpadu seleksi bersama untuk menjadi mahasiswa baru Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah (PTMA) di seluruh Indonesia.

Terkait seleksi ini, Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si., Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyampaikan bahwa program SBMPTMu merupakan ikhtiar seluruh PTMA yang akan membawa pada akselerasi kemajuan di tengah kerasnya era perubahan dan persaingan.

Selain itu, seleksi ini juga bertujuan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya.

Seluruh PTMA di Indonesia mengembangkan program ini sebagai ikhtiar untuk setidak-tidaknya 3 hal akan kita capai bersama. Satu, melalui SBMPTMu akan semakin meningkatkan kerjasama, sinergi, dan maju bersama.

Kedua, PTMA mampu memperoleh input sumber daya untuk pembelajaran, memperoleh mahasiswa yang berpotensi baik dan terbaik. Sehingga akan lebih memudahkan untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang terbaik di tengah era persaingan.

"Ketiga, semua orang warga bangsa yang belajar di PTMA akan memperoleh akses yang sama, peluang yang terbuka, keleluasaan tanpa terhalang oleh geografis dan segala kondisi yang selama ini membatasi," ujarnya dikutip dari laman Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Selasa (26/4/2022).

Keuntungan Mengikuti SBMPTMu 2022

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Al Islam Kemuhammadiyahan UMY, Faris Al Fadhat. M.A., Ph.D. menyampaikan bahwa sistem terpadu bagi seleksi bersama PTMA memiliki 3 keunggulan.

Pertama, calon mahasiswa tidak harus berada di lokasi PTMA. Sehingga pelaksanaan dapat dilakukan di daerah tempat tinggal masing-masing.

Kedua, dapat memilih diantara 121 PTMA di seluruh Indonesia.

Ketiga, calon mahasiswa bebas memilih 4 pilihan sekaligus dalam satu kali pendaftaran.

Adapun bagi calon mahasiswa yang ingin mengikuti SBMPTMu bisa mempertimbangkan perguruan tinggi Muhammadiyah terbaik yang ada di Indonesia.

Berikut ini daftar PT Muhammadiyah terbaik di Indonesia yang dirilis lembaga pemeringkatan Webometrics tahun 2022.

10 PT Muhammadiyah Terbaik Versi Webometrics 2022:

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Peringkat nasional: 16

2. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Peringkat nasional: 28

3. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Peringkat nasional: 51

4. Universitas Muhammadiyah Malang
Peringkat nasional: 57

5. Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
Peringkat nasional: 67

6. Universitas Muhammadiyah Jember
Peringkat nasional: 101

7. Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Peringkat nasional: 112

8. Universitas Muhammadiyah Semarang
Peringkat nasional: 113

9. Universitas Muhammadiyah Luwuk
Peringkat nasional: 121

10. Universitas Muhammadiyah Purworejo
Peringkat nasional: 122

Sementara itu, pelaksanaan SBMPTMu 2022 dibuka sebanyak 2 gelombang. Gelombang 1 pada 05 April-17 Juni 2022 dan gelombang 2 pada 20 Juni-12 Agustus 2022.

Khusus program studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi, pengumuman dilaksanakan serentak pada 24 Juni 2022 dan 19 Agustus 2022.

Informasi lebih lengkap terkait SBMPTMu 2022 dapat diakses melalui laman https://sbmptmu.id/. Semoga berhasil ya, detikers!



Simak Video "Jokowi Sarankan Mahasiswa Kedokteran Juga Belajar Robotik"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia