Akun Resmi SNPMB BP3 Kemendikbudristek untuk Seleksi Masuk PTN 2023

Akun Resmi SNPMB BP3 Kemendikbudristek untuk Seleksi Masuk PTN 2023

twu - detikEdu
Senin, 26 Sep 2022 11:45 WIB
Akun resmi SNMPB BP3 di di Instagram @snpmb_bp3
Foto: Instagram/snmpb_bp3
Jakarta -

Akun Instagram @snpmb_bp3 dengan keterangan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru atas nama Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan beredar sejak Sabtu (23/9/2022). Kepala BP3 Kemendikbudristek Rahmawati membenarkan bahwa akun tersebut merupakan akun medsos resmi seleksi masuk PTN dari BP3 Kemendikbudristek.

"(Akun Instagram @snpmb_bp3) Resmi dari tim seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru yang dinaungi oleh balai pengelolaan pengujian pendidikan, BSKAP, Kemdikbudristek. Kami masih berupaya mendapatkan verifikasi dari Meta Indonesia. Semoga cepat verified sehingga masyarakat tidak bingung," kata Rahmawati.

Ia menuturkan, akun Instagram resmi seleksi masuk PTN dari BP3 tersebut akan memuat pos baru tiap hari terkait kebijakan baru seiring mengonformasi mekanisme teknis 2023 dengan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN).

"Bismillah setiap hari kami akan update konten medsos utk mengupas kebijakan baru," ucapnya.

Rahmawati mengatakan, akun medsos resmi SNPMB 2023 @snpmb_bp3 atau seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru akan berisi konten terkait kebijakan umum hingga penalaran.

"Rencana sampai akhir November, konten mengenai kebijakan umum, ajakan mahasiswa untuk mengeksplorasi minat bakat, serta menumbuhkan penalaran," tuturnya.

Ia menambahkan, mekanisme teknis seleksi mahasiswa baru akan dirilis mulai 1 Desember 2022.

"Mulai 1 Desember akan dirilis mekanisme teknis seleksi," sambung Rahmawati.

Akun Medsos Resmi SNPMB BP3, Seleksi Masuk PTN

Berikut daftar akun media sosial resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB):

Ikuti (follow) dan hidupkan tombol lonceng notifikasi untuk mendapat informasi terkini mengenai SNPMB 2023. Pastikan penggunaan tanda baca yang tepat di akun tersebut agar tidak mendapat informasi hoaks di akun impostor atau akun palsu.

BP3 Gantikan LTMPT

Sebelumnya, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan bahwa pihaknya tidak lagi melaksanakan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru (PTN) pada Minggu (11/9/2022).

LTMPT menjelaskan, kebijakan ini diambil sehubungan dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri tertanggal 1 September 2022.

Menindaklanjuti kebijakan di atas, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) menerbitkan Keputusan Nomor 346/P/2022 tentang Tim Persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2023.

Tim persiapan seleksi nasional masuk PTN 2023 ini punya tugas untuk melakukan persiapan dan penyusunan bahan pelaksanaan seleksi tahun 2023.

"Semua urusan terkait persiapan pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa tahun 2023 berada di bawah koordinasi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) pada Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek," bunyi pengumuman LTMPT.

Tugas dan fungsi BP3 dijelaskan dalam Permendikbudristek Nomor 44 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan.

Berikut kedudukan, tugas, dan fungsi BP3:

  • Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Pusat Asesmen Pendidikan.
  • Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan pengujian pendidikan.
  • Dalam melaksanakan tugas untuk melaksanakan pengelolaan pengujian pendidikan, BP3 memiliki fungsi sebagai berikut:
    • Penyusunan rencana, program, dan anggaran
    • Penyusunan teknik dan metode pengujian di bidang pendidikan
    • Pelaksanaan layanan pengujian di bidang pendidikan
    • Pengelolaan data dan informasi
    • Pelaksanaan kemitraan pengujian di bidang pendidikan
    • Pelaksanaan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan
    • Pelaksanaan urusan administrasi
  • Kepala BP3 bertanggung jawab untuk menyampaikan laporan kepada Kepala Badan Standar, Kebijakan, dan Asesmen, Pendidikan (BSKAP) dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek serta Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi.

Nah, itu dia akun medsos resmi SNPMB 2023 dari BP3 beserta penjelasan kedudukan dan fungsinya di seleksi masuk PTN. Hati-hati dengan hoaks, ya.



Simak Video "Respons Masyarakat Tentang Kebijakan Kemendikbudristek"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia