Ujian SIMAK UI Dimulai Besok, Perhatikan Hal-Hal Ini

Anisa Rizki - detikEdu
Jumat, 01 Jul 2022 18:00 WIB
Smiling millennial Indian girl in wireless headset sit at desk in living room study online on laptop, happy young ethnic female in headphones watch webinar or course on Internet on computer
Ketentuan ujian SIMAK UI 2022, perhatikan baik-baik! Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) program S1 Reguler, S1 Paralel, dan Vokasi akan dilaksanakan besok Sabtu, (2/6/2022). Sebelumnya, ujian SIMAK UI untuk S1 Kelas Internasional telah dilaksanakan 30 Juni 2022 lalu.

Pelaksanaan ujian dilakukan serentak secara daring atau online. Untuk itu, calon mahasiswa harus mempersiapkan segala kebutuhan ujian, mulai dari laptop dengan kamera, komputer desktop dengan webcam, tablet, atau HP.

Banyak calon mahasiswa yang mengajukan pertanyaan terkait teknis ujian SIMAK UI, mulai dari perangkat yang digunakan, kode ujian, hingga pengurangan nilai untuk jawaban salah. Pertanyaan tersebut dijawab melalui akun Twitter resmi SIMAK UI dan dijabarkan dalam poin.

Bagi calon mahasiswa yang akan mengikuti ujian SIMAK UI 2022 besok, perhatikan hal-hal berikut ini.

Ketentuan Ujian SIMAK UI 2022

1. Perangkat Ujian Harus Berkamera dan Browser Google Chrome/Firefox

Calon mahasiswa harus menggunakan perangkat berkamera dengan resolusi yang cukup, serta kapasitas RAM yang mampu menjalankan Google Chrome atau Firefox versi terbaru. Selain itu, layar perangkat harus memiliki resolusi minimal 1280 x 720.

Peserta bisa menggunakan perangkat berkamera seperti laptop, komputer, maupun ponsel pintar.

2. Tidak Direkomendasikan Menggunakan Browser Selain Google Chrome/Firefox

Untuk menghindari kendala pada ujian, calon mahasiswa tidak direkomendasikan menggunakan browser lain. Namun, browser lain dapat digunakan apabila terjadi error selama pengerjaan ujian di Chrome atau Firefox.

3. Upayakan Pinjam Perangkat Memadai

Calon mahasiswa yang tidak memiliki perangkat memadai sebaiknya mencari kerabat untuk meminjam perangkat sesuai persyaratan. Upayakan meminjam untuk digunakan pada 2 Juli 2022 sesuai sesi ujian masing-masing.

4. Direkomendasikan untuk Menyiapkan Perangkat Cadangan

Sebagai upaya menghindari kendala teknis pada perangkat utama, calon mahasiswa hendaknya menyiapkan perangkat cadangan untuk mengerjakan ujian. Perangkat cadangan dapat berupa tablet atau smartphone.

5. Kode Ujian Berbeda dengan Nomor Ujian

Kode ujian akan didapatkan peserta pada hari ujian, yaitu 2 Juli 2022 setelah peserta log in di laman ujian SIMAK UI 2022.

6. Tidak Ada Ujian Esai

Materi ujian SIMAK UI tidak memiliki soal esai, baik untuk SIMAK UI program S1 Reguler, S1 Paralel, Vokasi, maupun S1 Kelas Internasional.

7. Pengurangan Nilai untuk Jawaban Salah

Seluruh kelompok ujian SIMAK UI memiliki sistem benar dengan poin+4, tidak diisi 0, dan salah -1. Ketentuan ini berlaku untuk kemampuan IPA, IPS maupun kemampuan dasar.

8. Tidak Ada Jadwal Susulan

Ujian SIMAK UI untuk S1 Reguler, S1 Paralel dan Vokasi dilaksanakan tanggal 2 Juli 2022 tanpa ada sesi pengganti atau susulan. Jadwal seleksi tersedia di kartu ujian calon mahasiswa.

9. Calon Mahasiswa Diizinkan Istirahat di Jeda Antar Jam Ujian

Calon mahasiswa diperbolehkan pergi ke kamar kecil, minum, dan beristirahat singkat pada jeda waktu di antara 2 materi ujian.

"15 menit sebelum materi ujian kedua dimulai, peserta dapat login kembali," tulis Panitia SIMAK UI melalui akun Twitter resminya.

10. Tutup Laman di Perangkat Utama Jika Ingin Pindah Perangkat

Calon mahasiswa sebaiknya menutup terlebih dahulu browser pada perangkat utama jika ingin menggunakna perangkat lain. Lalu, buka laman ujian di perangkat baru, log in kembali, dan lanjutkan pengerjaan.

11. Jangan Panik, Kerjakan Semampunya

Ketika calon mahasiswa mengalami kendala yang tidak dapat diatasi selama ujian, hendaknya tetap tenang dan jangan panik. Segera ganti perangkat atau koneksi, lalu lanjut mengerjakan ujian semampunya. Permasalahan saat ujian dapat dilaporkan melalui email penerimaan@ui.ac.id.

12. Pembatalan Hasil Seleksi bagi Calon Mahasiswa yang Curang

Sistem SIMAK UI dapat mendeteksi segala kecurangan dan bentuk pelanggaran yang dilakukan calon mahasiswa. Panitia SIMAK UI dapat membatalkan hasil seleksi peserta SIMAK UI yang curang.



Simak Video "Jokowi Sarankan Mahasiswa Kedokteran Juga Belajar Robotik"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia