5 Jalur Mandiri Tanpa Nilai UTBK yang Buka sampai Juli 2022

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 01 Jul 2022 11:30 WIB
Education school test concept : Hands student holding pencil for testing exams writing answer sheet or exercise for taking fill in admission exam multiple carbon paper computer at university classroom
Jalur mandiri tanpa nilai UTBK yang buka Juli 2022. Foto: iStock
Jakarta -

Sejumlah kampus membuka jalur mandiri dengan seleksi berdasarkan nilai UTBK 2022. Jika kamu tidak mengikuti UTBK SBMPTN 2022, atau tidak ingin ikut seleksi berdasarkan nilai UTBK, ada pilihan jalur mandiri tanpa nilai UTBK yang masih buka pada Juli 2022.

Universitas Airlangga, salah satunya, membuka jalur mandiri tanpa nilai UTBK di Jalur Ujian Tulis. Pendaftaran jalur mandiri Unair ini dibuka 1 - 22 Juli 2022.

Dikutip dari laman penerimaan mahasiswa baru tiap kampus, berikut jalur mandiri tanpa syarat nilai UTBK yang buka pendaftaran pada Juli 2022:

Jalur Mandiri Tanpa Nilai UTBK Juli 2022

1. SMUA Reguler Jalur Ujian Tulis Unair

Pendaftaran Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) Unair Jalur Ujian Tulis dibuka mulai 1 Juli 2022 pukul 08.00 WIB dan ditutup 22 Juli 2022 pukul 19.00 WIB. Biaya jalur mandiri SMUA Unair dengan metode ujian tulis ini sebesar Rp 300.000 untuk Kelompok Saintek atau Soshum dan Rp 500.000 untuk Kelompok Campuran, maksimal 2 prodi pilihan.

Materi ujian tulis SMUA Unair terdiri dari Tes Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, Kemampuan Penalaran, dan Kemampuan Akademik sesuai Kelompok Ujian.

Materi Tes Kemampuan Akademik Kelompok Saintek terdiri dari Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia, dan Bahasa Inggris. Materi Kelompok Soshum yaitu Matematika, Sosiologi, Ekonomi, Geografi, Sejarah, dan Bahasa Inggris. Kelompok Campuran akan diuji gabungan keduanya.

2. CBT Kampus UNY

Computer-Based Test (CBT) Kampus UNY adalah ujian masuk Universitas Negeri Yogyakarta berbasis komputer yang berlokasi di kampus UNY. Pendaftaran CBT Kampus UNY dibuka hingga 20 Juli 2022.

Peserta dikenakan biaya pendaftaran jalur CBT Kampus UNY sebesar Rp 200.000 dengan maksimal 2 prodi S1 pilihan, baik untuk Kelompok Saintek maupun Soshum.

Materi ujian CBT Kampus UNY terdiri dari TPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA atau IPS. Perlu diingat, peserta yang memilih prodi olahraga atau seni harus mengunggah portofolio sesuai pilihan prodi

Di samping jalur ujian ini, UNY masih membuka jalur Prestasi Unggul serta Prestasi Akademik berbasis nilai rapor dan prestasi akademik hingga 5 Juli 2022. Peserta dikenakan biaya Rp 200.000 untuk Seleksi Mandiri (SM) Prestasi Akademik dan Unggul, lalu Rp 350.000 untuk Prestasi Olahraga.

3. Jalur Mandiri ISI Yogyakarta

Pendaftaran Jalur Mandiri Institut Seni Indonesia (ISI Yogyakarta) dibuka sampai 5 Juli 2022. Biaya pendaftaran dikenakan Rp 200.000 dengan seleksi berdasarkan dokumen akademik dan karya atau portofolio.

Jalur Mandiri ISI Yogyakarta dibuka di Jurusan S1 Tari, Karawitan, Musik, Pendidikan, Penciptaan Musik, Teater, Etnomusikologi, Seni Pedalangan, dan Pendidikan Seni Pertunjukan.

4. UTG Telkom Univeristy

Telkom University membuka pendaftaran ujian tulis dalam beberapa gelombang. Di jadwal terdekat, ujian Tulis Gelombang (UTG) 2 Telkom University dibuka hingga 1 Juli 2022. Biaya pendaftaran jalur UTG Telkom University dikenakan Rp 400.000 untuk 5 pilihan jurusan.

Tes online UTG Telkom University terdiri dari materi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Tes Potensi Akademik. Jika prodi pilihan berkaitan dengan teknik, maka peserta juga akan menjalani tes sesi kedua dengan materi Fisika dan Matematika

5. Penmaba UNJ

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Jakarta (Penmaba UNJ) jalur ujian dibuka hingga 8 Juli 2022. Biaya pendaftaran Penmaba UNJ sebesar Rp 300.000 untuk kelompok Saintek atau Soshum, Rp 450.000 untuk kelompok Campuran, dan Rp 300.000 per ujian keterampilan yang disyaratkan prodi pilihan.

Materi ujian Penmaba UNJ 2022 terdiri dari Tes Potensi Skolastik, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan IPA, IPS, atau IPA dan IPS.

Bagaimana detikers, sedang siap-siap ikut jalur mandiri tanpa nilai UTBK? Semoga berhasil!



Simak Video "Pemkot Solo Sulap Sampah Jadi Pembangkit Tenaga Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia