Ahli Gizi Unpad: Peserta UTBK Jangan Abaikan Sarapan

Nikita Rosa Damayanti - detikEdu
Kamis, 19 Mei 2022 18:30 WIB
Ilustrasi SBMPTN 2022
Pentingnya sarapan sebelum UTBK SBMPTN 2022. Foto: Tim Infografis/Mindra P
Jakarta -

Selain belajar, peserta UTBK SBMPTN 2022 tidak boleh lupa untuk menyiapkan fisik agar prima saat ujian. Salah satunya dengan sarapan.

Ahli Gizi Universitas Padjadjaran dr. Siska Wiramihardja, Sp.GK., M.Kes., menjelaskan, sarapan sebelum melaksanakan ujian bukan sekadar membuat kenyang, tetapi memiliki manfaat besar bagi tubuh.

Lanjutnya, ada dua peran utama sarapan bagi tubuh. Pertama sebagai sumber energi bagi otak. Makan pagi menyediakan zat gizi utama yang dibutuhkan otak setelah habis berpuasa lewat istirahat di malam hari.

"Sarapan dapat meningkatkan fungsi kognitif otak, lebih konsentrasi dan fokus yang memungkinkan performa ujian menjadi lebih optimal," tutur Siska dalam laman resmi Unpad, Selasa (17/5/2022).

Peran kedua adalah melindungi tubuh dari penyakit. Siska menjelaskan, di masa transisi pandemi menuju endemi, peserta ujian membutuhkan imunitas tubuh yang optimal saat melakukan ujian offline.. Salah satu upaya meningkatkan imunitas tubuh adalah menerapkan pola gizi seimbang sesuai rekomendasi WHO.

Lebih lanjut Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Unpad tersebut mengatakan, selain dua fungsi di atas, sarapan membantu menjaga suasana hati (mood) sehingga tidak mudah emosi dan tetap tenang selama menjalani ujian.

"Sarapan juga membantu mencapai/menjaga berat badan ideal sehingga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit," terangnya.

Efek Mengabaikan Sarapan

Jika peserta UTBK melewatkan waktu sarapan, ada sejumlah dampak yang ditimbulkan dan berakibat pada terganggunya performa saat ujian. Beberapa dampak yang ditimbulkan ketika mengabaikan sarapan adalah asam lambung dan kadar gula rendah.

"Pada kondisi tertentu dapat menimbulkan gejala timbul keringat dingin, mata berkunang-kunang, lemas, bahkan pingsan," tutur Siska.

Tambahnya, sejumlah penelitian menunjukkan, mereka yang melewatkan sarapan memiliki kadar hormon stres lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang melakukan. Selain itu, melewatkan sarapan dapat mengganggu suasana hati dan menurunkan produktivitas.

Nah, untuk peserta UTBK SBMPTN 2022 jangan sampai melewatkan sarapan ya!



Simak Video "Cara Mengetahui Status Gizi, Kamu Termasuk Normal atau Obesitas?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia