Bagaimana Bila Berkas UTBK Tertinggal? Ini Kata Ketua Pelaksana LTMPT

Nikita Rosa - detikEdu
Rabu, 18 Mei 2022 19:30 WIB
Ilustrasi SBMPTN 2022
Foto: Tim Infografis/Mindra P
Jakarta -

UTBK SBMPTN 2022 mewajibkan peserta membawa berkas kelengkapan untuk administrasi. Namun, bagaimana jika tertinggal?

Dalam pelaksanaan UTBK, peserta akan diminta untuk membawa tiga dokumen penting yaitu kartu tanda peserta UTBK, ijazah/SKL, dan kartu identitas lainnya seperti KTP, SIM, atau Kartu Pelajar.

Meski sudah diberikan edaran oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) masih ada peserta yang lupa membawa berkas.

"Kendalanya lebih ada di administrasi. Ada [peserta] yang ijazahnya lupa dibawa atau SKLnya belum diambil," ujar Rina Rahmawati selaku Ketua Penanggungjawab Lokasi di Pusat UTBK Rumpun Ilmu Kesehatan kampus UI Depok saat ditanya tentang kendala UTBK SBMPTN 2022 hari pertama, Selasa (17/5/2022).

Lanjut Rina, tidak banyak peserta yang lupa membawa berkas kelengkapan. Setiap ruangan biasanya hanya ada satu sampai dua orang. Rina menambahkan apabila terdapat peserta yang lupa membawa berkas, maka hal ini bisa dimasukkan ke Berita Acara dan diajukan ke pusat UTBK.

"Nanti yang memutuskan pusat. Kalau misal mereka mau konfirmasi biasanya diarahkan ke pusat UTBK UI yang di gedung PMB," tutur Rina.

Dalam kesempatan lain, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto, menjelaskan bahwa pihak LTMPT tidak akan mempersulit apabila peserta lupa membawa berkas kelengkapan UTBK SBMPTN.

"Kami intinya tidak akan mempersulit. Intinya bahwa yakin yang melakukan tes itu yang bersangkutan." ujar Budi yang juga Guru Besar Fakultas Peternakan UGM, dalam kunjungan ke lokasi UTBK UI Salemba, Rabu (18/5/202).

Ia menambahkan bahwa selama data yang ada di kartu pendaftaran dan kartu identitas sama, maka peserta sudah diperbolehkan ikut ujian. "Artinya kalau sudah ada kartu pendaftaran kemudian kartu identitas yang sama itu ya sudah," lanjutnya.

Berkas pendaftaran ditujukan untuk melakukan verifikasi peserta UTBK. Hal ini untuk menghindari kecurangan atau joki ujian. Jadi jangan lupa untuk membawa berkas kelengkapan UTBK SBMPTN, detikers!



Simak Video "Kerennya Aksi TIFAL, Band Mahasiswa Berkebutuhan Khusus"
[Gambas:Video 20detik]
(/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia