Pendaftaran STAN 2022 Ditutup, Ini Tahapan yang Harus Dilalui Peserta Agar Lolos

Fahri Zulfikar - detikEdu
Minggu, 01 Mei 2022 17:00 WIB
Kampus PKN STAN
Foto: Dok. PKN STAN/Pendaftaran STAN 2022 Ditutup, Ini Tahapan yang Harus Dilalui Peserta Agar Lolos
Jakarta -

Pendaftaran STAN 2022 via laman https://dikdin.bkn.go.id telah ditutup pada Sabtu, 30 April 2022 pukul 23.00 WIB. Selanjutnya peserta bisa melanjutkan pendaftaran online di laman https://spmb.pknstan.ac.id hingga 6 Mei 2022.

Berdasarkan data terakhir yang dibagikan akun instagram resmi PKN STAN, jumlah pendaftar mencapai 31.992 per Sabtu (30/4/2022) pukul 17.00 WIB. Dari data tersebut, sebanyak 27.759 pendaftar telah melakukan proses kunci data.

Para peserta nantinya akan bersaing secara nilai UTBK agar bisa lolos ke tahap selanjutnya. Adapun berdasarkan Pengumuman Nomor PENG-59/PKN/2022 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Program Studi Diploma IV Politeknik Keuangan Negara STAN Tahun 2022, ada skor minimal yang harus dipenuhi peserta agar bisa lolos. Berikut nilai minimal UTBK STAN 2022.


Nilai Minimal UTBK STAN 2022


1. Peserta Program Reguler

Skor TPS : minimal 600

Skor TBI : minimal 450


2. Peserta Program Afirmasi

Skor TPS: 400

Skor TBI: 375


Apabila peserta tidak memenuhi skor minimal UTBK STAN 2022 maka otomatis tidak akan lolos ke tahap selanjutnya.


Bagi peserta yang lolos UTBK, perlu melalui tahapan-tahapan lain mulai dari SKD hingga Seleksi Lanjutan.


Tahapan Seleksi Pendaftaran STAN 2022


1. Seleksi Administrasi

Seleksi Administrasi di PKN STAN menyaring peserta berdasarkan persyaratan untuk program reguler dan program afirmasi. Karena nilai UTBK merupakan salah satu syarat administratif, peserta seleksi PKN STAN perlu memenuhi nilai minimal UTBK STAN yang telah ditentukan.


2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

SKD menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tahap seleksi ini terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Wawasan Kebangsaan.

Peserta seleksi PKN STAN dinyatakan lolos SKD jika memenuhi nilai ambang batas SKD sesuai ketentuan dan berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan pada Seleksi Lanjutan I. Jumlah kebutuhan peserta yang lolos Seleksi Lanjutan I ditentukan panitia pusat.

SKD diikuti peserta yang lolos Seleksi Administrasi dan sudah melakukan pembayaran. Pada penyelenggaraan tahun lalu, biaya pendaftaran SPMB PKN STAN sebesar Rp350.000, sudah termasuk biaya SKD Rp50.000.


3. Seleksi Lanjutan I

Seleksi Lanjutan I terdiri dari Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi. Tes Kesehatan dan Kebugaran meliputi pemeriksaan tinggi dan berat badan, tekanan darah, mata, atau pemeriksaan kesehatan lain yang ditentukan panitia pusat.

Peserta juga akan diuji lari mengelilingi lintasan dan shuttle run, pull up atau chinning, push up, sit up, atau aktivitas lainn yang ditentukan panitia pusat. Sementara itu, Tes Psikologi dilaksanakan berbasis komputer (Computer Based Test).

Peserta dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan I apabila memenuhi kriteria kesehatan dan kebugaran serta kriteria kriteria psikologi. Nilai Seleksi Lanjutan I merupakan penjumlahan antara kedua kriteria dengan bobot masing-masing 50%.

Peserta juga wajib berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan untuk dinyatakan lolos dan lanjut Seleksi Lanjutan II. Seperti Seleksi Lanjutan I, jumlah kebutuhan peserta yang lulus Seleksi Lanjutan II ditentukan panitia pusat.


4. Seleksi Lanjutan II

Seleksi Lanjutan II merupakan Tes Wawancara semi daring. Peserta mengikuti wawancara di tempat yang telah ditentukan dan pewawancara melakukan wawancara secara online dengan media video conference.

Peserta dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan II bila memenuhi standar minimal kriteria wawancara dan berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan. Jumlah kebutuhan peserta yang lulus SPMB PKN STAN juga ditentukan panitia pusat.

Nah, itulah tahapan-tahapan seleksi pendaftaran STAN 2022 yang harus dilalui peserta agar bisa lolos. Semoga detikers berhasil, ya!



Simak Video "Bebas Biaya Pendidikan, Ini Referensi Sekolah Kedinasan Jakarta-Jabar"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia