Daftar Prodi Sekolah Kedinasan 2022 Mulai STAN sampai IPDN

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 11 Apr 2022 09:30 WIB
Pendaftaran sekolah kedinasan 2022.
Daftar prodi sekolah kedinasan 2022. Foto: Tangkapan layar/Dikdin BKN
Jakarta -

Delapan sekolah kedinasan naungan berbagai kementerian RI dan lembaga pemerintah lainnya sudah menerima calon peserta didik baru sejak Sabtu 9 April 2022. Proses registrasi seluruh instansi tersebut dapat dimulai dari portal dikdin.bkn.go.id.

Nantinya, pendaftar yang diterima bisa mendapatkan fasilitas bebas biaya kuliah sekaligus penempatan kerja atau yang disebut dengan ikatan dinas ketika sudah lulus. Adapun penempatannya bisa di lingkungan kementerian atau lembaga pemerintahan.

Bagi yang berminat mendaftarkan diri, tak ada salahnya untuk melihat terlebih dulu program studi (prodi) apa saja yang disediakan setiap instansi. Simak baik-baik ya!

Daftar Sekolah Kedinasan 2022 dan Prodi Tiap Instansi

1. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip), Kementerian Hukum dan HAM

Poltekip Kemenkumham memiliki prodi D4 Manajemen Pemasyarakatan, Bimbingan Pemasyarakatan, dan Teknik Pemasyarakatan. Berdasarkan informasi seleksi calon taruna (catar) pada tahun lalu, lulusan Poltekip akan ditugaskan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi di seluruh Indonesia.

2. Politeknik Keimigrasian (Poltekim), Kementerian Hukum dan HAM

Poltekim Kemenkumham menawarkan prodi D4 Manajemen Teknologi Keimigrasian, Hukum Keimigrasian, Administrasi Keimigrasian, juga D3 Keimigrasian. Menurut pengumuman seleksi tahun lalu, jebolan Poltekim akan ditempatkan di UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi di seluruh Indonesia dengan jabatan Analis Keimigrasian.

3. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Kementerian Dalam Negeri

Institut Pemerintahan Dalam Negeri mempunyai sejumlah fakultas di dalamnya, yaitu Fakultas Politik Pemerintahan, Fakultas Manajemen Pemerintahan, juga Fakultas Perlindungan Masyarakat.

Beberapa prodi yang terdapat di dalam sekolah kedinasan ini adalah D4 Studi Kebijakan Publik, D4 Politik Indonesia Terapan, D4 Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Daerah, Keuangan Publik, Teknologi Rekayasa Ilmu Pemerintahan, dan Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik (MSDM-SP).

4. Politeknik Siber dan Sandi Negara (SSN), Badan Siber dan Sandi Negara

Politeknik SSN menyediakan beberapa prodi yaitu Rekayasa Keamanan SIber, Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi, dan Rekayasa Kriptografi. Sekolah ini berlokasi di Cisaeng, Bogor, Jawa Barat.

5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Badan Intelijen Negara

Prodi yang dimiliki perguruan tinggi naungan Badan Intelijen Negara ini adalah S1 Agen Intelijen, Cyber Intelijen, Ekonomi Intelijen, dan Teknologi Intelijen. Selain gratis biaya kuliah dan asrama, taruna STIN juga mendapat fasilitas konsumsi, seragam, dan tentunya diangkat sebagai CPNS.

Apabila masih ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, STIN juga mempunyai program magister terapan Intelijen Medik Chemistry dan Nuclear Hazard serta Biological Hazard, Intelijen Medik, Intelijen Ekonomi, Teknologi Cyber, Kajian Intelijen, juga jenjang doktoral Analisis Strategi Intelijen.

6. Politeknik Keuangan Negara STAN, Kementerian Keuangan

Seorang lulusan D4 PKN STAN nantinya bisa diangkat sebagai CPNS Kementerian Keuangan maupun kementerian lain, lembaga, juga pemerintah daerah sesuai dengan kebutuhan atau formasi yang tersedia. Sekolah ini menyediakan program D4 Akuntansi Sektor Publik, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Aset Publik.

Pada masa perkuliahan, PKN STAN menerapkan sistem gugur terhadap peserta didik yang tidak dapat memenuhi syarat kelulusan per semester. Mereka yang di-drop out, tidak diperbolehkan kembali mendaftar ke sekolah kedinasan ini.

7. Politeknik Statistik STIS, Badan Pusat Statistik

Kampus yang berada di Bidara Cina, Jakarta Timur ini mempunyai sejumlah prodi yaitu D3 dan D4 Statistika , juga D4 Komputasi Statistik.

Menurut seleksi tahun 2021, alumnus D3 STIS selanjutnya akan menjadi calon aparatur sipil negara atau CASN golongan II/c dan bertugas di BPS di seluruh Indonesia. Bagi alumnus D4 STIS, pengangkatannya adalah sebagai CASN golongan III/a yang bertugas di BPS, kementerian, lembaga, maupun instansi lain.

8. Politeknik Transportasi Darat Indonesia STTD dan Institusi Pendidikan Tinggi Lainnya, Kementerian Perhubungan

Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menawarkan prodi D4 Transportasi Darat, D3 Transportasi Jalan, dan D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian. Lulusannya akan ditugaskan sebagaimana disiplin ilmu masing-masing di seluruh Indonesia.

Seperti disebutkan dalam situs Dikdin BKN, sekolah kedinasan Kemenhub juga termasuk:

  • Politeknik Transportasi Darat Indonesia
  • Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal
  • Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan Palembang
  • Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
  • Politeknik Pelayaran Sumatra Barat
  • Politeknik Pelayaran Banten
  • Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh
  • Politeknik Pelayaran Barombong
  • Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Politeknik Penerbangan Medan
  • Politeknik Penerbangan Surabaya
  • Politeknik Penerbangan Makassar
  • Politeknik Penerbangan Jayapura

Demikian daftar prodi di berbagai sekolah kedinasan yang kini tengah membuka pendaftaran. Sudah mempersiapkan diri, detikers?



Simak Video "Bebas Biaya Pendidikan, Ini Referensi Sekolah Kedinasan Jakarta-Jabar"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia