ADVERTISEMENT

Jalur Mandiri yang Bisa Pakai KIP Kuliah hingga SKTM, Ayo Daftar!

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 05 Apr 2022 08:00 WIB
Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2022, Catat Tanggal-tanggalnya
Jalur mandiri dengan KIP Kuliah, daftar yuk! Foto: Dok. KIP Kuliah
Jakarta -

Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) membuka jalur mandiri. Kendati jalur mandiri umumnya mengenakan uang kuliah lebih mahal dan uang pangkal bagi mahasiswa yang lolos, pendaftar Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah 2022 hingga pemilik Surat Keterangan Tidak Mampu juga bisa mendaftar jalur mandiri, lho.

Sebelumnya, KIP Kuliah Kemendikbud diumumkan tersedia untuk peserta SNMPTN, SBMPTN, hingga jalur mandiri PTN dan PTS. Nah, beberapa PTN sudah mengonfirmasi, calon mahasiswa bisa mendaftar jalur mandiri di kampusnya dengan KIP Kuliah.

Dikutip dari laman masing-masing kampus, para peserta jalur mandiri dengan KIP Kuliah ini dikenakan gratis uang kuliah dan uang pangkal. Sejumlah kampus juga menggratiskan biaya pendaftaran jalur mandirinya 100 persen. Apa saja kampusnya?

Jalur Mandiri dengan KIP Kuliah hingga SKTM

1. PBUTM UGM 2022

Jalur Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu atau PBUTM UGM 2022 dibuka untuk siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi kurang beruntung secara ekonomi. Pendaftaran PBUTM UGM tahun ini dibuka hingga 13 April 2022 dengan biaya Rp 25 ribu.

Dikutip dari laman ujian masuk UGM, sejumlah kriteria peserta jalur PBUTM UGM yaitu:

- Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP), berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dari panti sosial/panti asuhan, atau dari keluarga yang masuk pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), atau

-pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami-istri) maksimal sebesar Rp 4 juta per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750 ribu per bulannya, dan

- pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 atau D4.

Mahasiswa yang diterima melalui jalur PBUTM UGM 2022 akan memperoleh beasiswa UKT selama 8 semester jika memenuhi persyaratan Mahasiswa jalur PBUTM akan dievaluasi setiap tahun.

2. SM ITB 2022

Seleksi Mandiri ITB 2022 dibuka 6-29 Juni 2022. Calon mahasiswa yang memiliki KIP Kuliah atau kemampuan ekonomi setara kriteria KIP Kuliah bisa mendaftar.

Dikutip dari laman admisinya, Seleksi Mandiri ITB menggunakan komponen penilaian hasil UTBK dan nilai rapor, plus hasil kemampuan seni rupa khusus pendaftar Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Biaya Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) adalah Rp 200 ribu. Khusus pelamar FSRD, biaya seleksi Rp 300 ribu termasuk biaya pelaksanaan Tes Keterampilan Seni Rupa. Peserta penerima KIP Kuliah atau memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) akan dibebaskan dari biaya seleksi tersebut. Tapi, jangan lupa unggah dokumen KIP-K atau SKTM saat mendaftar Seleksi Mandiri ITB, ya.

Mahasiswa jalur Seleksi Mandiri ITB dikenakan biaya kuliah berupa uang kuliah tunggal kategori UKT5/semester atau Rp 25 juta pers semester dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) Rp 25 juta. Khusus mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB dikenakan IPI Rp 40 juta.

Nah, calon mahasiswa jalur mandiri ITB dengan KIP Kuliah akan dibebaskan dari biaya kuliah atau menerima UKT1 senilai Rp 0. Pengajuan UKT yang lebih rendah termasuk calon mahasiswa pemegang KIP Kuliah dapat dilakukan pada formulir di laman https://admission.itb.ac.id. Sertakan data pendukung yang menyatakan kemampuan ekonomi keluarga.

Pengumuman persetujuan pengajuan UKT di bawah UKT5 akan disampaikan sebelum masa pendaftaran ulang. Jadi, calon mahasiswa sudah mengetahui UKT yang dikenakan sebelum melakukan pendaftaran ulang.

3. USMI SV IPB 2022

Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI) merupakan salah satu jalur seleksi masuk Sekolah Vokasi (SV) IPB University. Pendaftaran dibuka hingga 8 April 2022 untuk siswa di sekolah yang mendapat undangan IPB dengan biaya Rp 400 ribu. Khusus siswa penerima KIP atau KJP tidak dikenakan biaya pendaftaran.

Pada seleksi USMI, SV IPB University mengirim email berisi informasi mengenai tata cara pendaftaran Jalur USMI serta informasi username dan password. Kepala sekolah lalu log in di laman usmisv.admisi.ipb.ac.id dengan password dan username yang tercantum pada surat undangan rektor.

Setelah log in, kepala sekolah mengisi kelengkapan data sekolah dan siswa serta nilai pelajaran siswa yang akan mendaftar jalur ini. Kepala sekolah akan menerima data pendaftaran siswa dan nomor tagihan pembayaran pendaftaran untuk disampaikan kepada setiap siswa.

Siswa peserta USMI IPB lalu membayar biaya pendaftaran, kecuali peserta KIP atau KJP. Setelah membayar, siswa bisa mengisi pilihan prodi dan biodata untuk diseleksi Sekolah Vokasi IPB University.

4. SMUP Unpad 2022

Pendaftaran jalur mandiri Seleksi Masuk Universitas Padjajaran atau SMUP Unpad 2022 dibuka hingga 27 Juni mendatang. Peserta bisa mengikuti seleksi dengan nilai UTBK 2022 atau dengan nilai SMUP.

SMUP Unpad 2022 juga dibuka untuk peserta KIP Kuliah. Caranya, daftar dan isi data secara daring di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login. Pilih jalur masuk KIP-K pada bagian minat, isi kolom nomor pendaftaran KIP-K, dan unggah KIP-K pada bagian unggah dokumen.

Pendaftar KIP Kuliah tidak perlu membayar biaya pendaftaran SMUP Unpad 2022. Jika dinyatakan diterima di prodi S1 atau D4 dengan jalur KIP Kuliah, calon mahasiswa wajib mengumpulkan berkas kelengkapan tambahan sebagai proses seleksi penerima KIP Kuliah ke Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad.

Tahun lalu, Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya, Seleksi Masuk Universitas Indonesia, dan jalur mandiri Universitas Airlangga juga termasuk beberapa di antara PTN yang membuka jalur mandiri dengan KIP Kuliah. Yuk, daftar!



Simak Video "Kemendikbud Lanjutkan Bantuan Kuota Data Internet dan UKT untuk Siswa"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia