6 Cara Lolos SBMPTN Tanpa Bimbel dan Les, Semoga Sukses Ya

Nikita Rosa Damayati Waluyo - detikEdu
Selasa, 22 Mar 2022 11:38 WIB
Ilustrasi SBMPTN 2022
Ilustrasi SBMPTN, cara lulus tanpa les atau bimbel. Foto: Tim Infografis/Mindra P
Jakarta -

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi kembali diadakan pemerintah. Persiapan yang matang akan mendekatkan kamu menjadi mahasiswa baru di universitas impian.

Tiap peserta melakukan usaha terbaik mewujudkan harapannya, termasuk belajar tambahan secara online atau offline. Usaha ini memungkinkan siswa tidak kalah saing saat seleksi nasional.

Dikutip dari situs Fakultas Teknik Universitas Pasundan, ternyata ada peluang lolos SBMPTN tanpa les atau bimbel. Berikut tipsnya yang bisa diikuti calon mahasiswa baru

6 cara lolos SBMPTN tanpa bimbel dan les

1. Belajar Soal-Soal Tahun Lalu

Tipe soal SBMPTN cenderung sama dari tahun ke tahun, maka jangan malas untuk mempelajari soal ujian tahun-tahun sebelumnya. Belajar teori itu penting, tapi kamu juga perlu melatih kecepatan dan ketepatan dalam mengerjakan soal.

Dengan mempelajari soal-soal tahun sebelumnya, kamu dapat mengatur tingkat pemahaman dan strategi pengerjaan soal. Kamu bisa mendapatkan soal-soal SBMPTN tahun sebelumnya melalui buku bank soal, website pendidikan, bahkan perpustakaan.

2. Fokus Belajar dan Pasang Target

Tidak sama dengan UN, SBMPTN ramai akan pesaing. Kamu bisa bersaing dengan ribuan orang lainnya untuk memperebutkan kuota di prodi impian. Agar tidak kalah dalam ujian, kamu perlu mempersiapkannya dari jauh hari dengan memasang target.

Idealnya, persiapan SBMPTN dilakukan 6 bulan sebelum jadwal ujian. Hal ini karena materi yang diujikan banyak dan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Semakin banyak waktu untuk belajar dengan efektif, semakin banyak kesempatan kamu untuk diterima.

Kamu bisa memasang target dengan menyelesaikan 1 bab setiap minggunya, atau mengikuti try out yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi atau lembaga lainnya setiap bulan. Dengan begitu, kamu tetap dapat mengukur kemampuan meski hanya belajar sendiri.

3. Pelajari Konsep, Bukan Menghafal

Datang kerjakan lupakan nggak akan bisa kamu terapkan di SBMPTN. Soal SBMPTN dirancang untuk menguji kekritisan nalar serta pemahaman kontekstual pada ilmu sains maupun sosial.

Hal ini karena kuliah akan membutuhkan pemikiran kritis dalam pembelajarannya. Jadi, jangan menghafal teori ya. Sebelum terlambat, ubah metode belajarmu dari menghafal menjadi pemahaman konsep.

4. Latihan Soal Sebanyak Mungkin

Memahami teori memang perlu, tapi kamu juga perlu mengukur kemampuan dengan latihan soal. Semakin sering mengerjakan kamu akan terbiasa menjawab dengan cepat dan tepat.

Kamu bisa berlatih mengerjakan soal tahun-tahun sebelumnya atau soal yang memilik tingkat kesulitan mirip dengan SBMPTN, seperti soal ujian mandiri perguruan tinggi.

5. Ikut Try Out

Tips SBMPTN yang tidak kalah penting adalah mengikuti try out. Kamu bisa mengikuti try out secara mandiri atau berbayar dari lembaga bimbel atau perguruan tinggi.

Kamu bisa mendapat informasi try out dari media sosial atau temanmu. Biasanya, kalau kamu daftar dengan banyak orang akan dapat potongan harga lho, lebih hemat kan?

Tidak hanya menguji kemampuan dan kesiapan dalam menghadapi SBMPTN, tetapi juga mempersiapkan fisik dan psikis agar tidak kaget saat ujian sebenarnya berlangsung. Mengapa demikian? Karena suasana try out pasti dirancang mirip SBMPTN sesungguhnya.

6. Evaluasi Kelemahan

Ets, jangan puas dulu! Meski sudah belajar dengan maksimal, kamu perlu mengevaluasi kelemahan. Cara untuk evaluasi kelemahan yang terbaik adalah mengerjakan soal.

Setelah selesai mengerjakan soal, kamu bisa mengoreksi ketepatan jawabanmu. Jika masih banyak yang salah, berarti pemahamanmu masih kurang di materi tersebut. Ini bisa jadi dorongan kamu untuk memperdalam materi itu. Kenapa hal ini penting? Karena dengan memahami kelemahan, kamu akan lebih siap dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain pemahaman materi, kamu juga perlu evaluasi manajemen setres. Tidak jarang peserta SBMPTN kaget lalu blank karena panik saat ujian. Padahal, mereka sudah belajar dengan maksimal. Kamu juga perlu melatih cara mengelola stres, ya!

Tidak ikut bimbel bukan masalah. Kamu tetap bisa lolos ujian masuk perguruan tinggi negeri. Dengan tips SBMPTN di atas, kamu sudah selangkah lebih dekat dengan cita-citamu. Semangat belajar, detikers!



Simak Video "Massa Buruh Singgung Program Kampus Merdeka: Perbudakan Modern!"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia