3 Strategi LTMPT Hindari Kecurangan di UTBK SBMPTN 2022

3 Strategi LTMPT Hindari Kecurangan di UTBK SBMPTN 2022

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 04 Feb 2022 13:45 WIB
Ilustrasi SNMPTN 2022
Strategi LTMPT agar UTBK SBMPTN 2022 tanpa kecurangan. Foto: Tim Infografis
Jakarta -

SBMPTN 2022 akan dilaksanakan dalam dua gelombang. Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mochamad Ashari mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk menghindari potensi kecurangan di UTBK SBMPTN 2022.

"Dalam pelaksanaan di lapangan, memang ada beberapa kasus yang terjadi ya. Kecurangan-kecurangan yang sesungguhnya dari LTMPT sudah mempersiapkan berbagai macam (strategi)," kata Ashari dalam siaran SMB: Sukses Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bersama LTMPT di kanal YouTube Kemendikbud RI, Kamis (3/2/2022).

Berikut sejumlah langkah LTMPT untuk memastikan UTBK berjalan adil dan tanpa kecurangan.

Strategi LTMPT untuk UTBK SBMPTN 2022 Tanpa Kecurangan

1. Pemeriksaan identitas manual

Ashari mengakui ada saja kecurangan seperti joki di seleksi masuk perguruan tinggi. Sebagai antisipasi, sambungnya, petugas penjaga ruang ujian memastikan identitas peserta sama dengan yang akan ujian di ruangan.

"Penjaga di kelas sudah ada prosedur-prosedurnya, di antaranya memeriksa identitas, kemudian mencocokkan, itu semua sudah ada, yang tentu saja untuk mencegah kecurangan-kecurangan," kata Ashari.

"Jadi dari berbagai sisi sudah kita lakukan pengamanan ya dari soal, jenis soal, tempat duduk, komputer yang digunakan, itu semua sudah kita sterilisasi, termasuk kemungkinan orang yang menggantikan. Bagaimanapun juga secara manual harus kita periksa dari para penjaga di ruang-ruang kelas," imbuhnya.

2. Soal tidak sama

Direktur Eksekutif LTMPT Budi P. Widyobroto mengatakan, soal yang digunakan dalam UTBK SBMPTN 2022 gelombang I dan II berbeda-beda untuk menghindari adanya kecurangan.

"Teman pengembang soal di LTMPT sudah mempertimbangkan soal semuanya, sekali lagi kita tes setiap pagi dan siang, kemudian juga ada dua gelombang, sehingga totalnya ada 28 kali jika penuh. Intinya, kita sudah mempertimbangkan bahwa antara tes pertama dan hari terakhir nanti kita jamin tidak ada yang sama," katanya.

"Jadi tidak perlu khawatir cari bocoran atau cari yang (tes hari) pertama, kedua, sebagainya," imbuh Budi.

3. Bobot soal setara

Budi mengatakan, pihaknya menjamin setiap soal di kedua gelombang UTBK SBMPTN 2022 berbeda-beda namun punya bobot sama agar fair bagi setiap peserta.

"Tim soal kami sudah memerhitungkan bahwa dari sisi tingkat kesulitan soal dan sebagainya, mulai dari hari pertama sampai tes ke-28 setara, sama," kata Budi.

"(LTMPT) akan melakukan penilaian nanti setelah semua selesai, dan itu kita jadikan satu. Kita hitung dalam waktu bersamaan sehingga insyaAllah tidak perlu khawatir apakah tes yang terakhir akan mendapat manfaat lebih mudah dibanding yang awal dan sebagainya," sambungnya.

Tanggal penting UTBK SBMPTN 2022

  • Registrasi akun LTMPT: 14 Februari - 17 Maret 2022
  • Pendaftaran UTBK SBMPTN: 23 Maret - 15 April 2022
  • Pendaftaran UTBK SBMPTN untuk siswa eligible SNMPTN: 29 Maret - 15 April 2022
  • UTBK Gelombang I: 17 - 23 Mei 2022
  • UTBK Gelombang II: 28-3 Juni 2022
  • Pengumuman UTBK SBMPTN 2022: 23 Juni 2022

Ashari mengatakan, siswa bisa pilih mengikuti UTBK SBMPTN 2022 di 74 titik lokasi se-Indonesia. Ia menegaskan kesempatan lolos SBMPTN 2022 di tiap titik ujian sama besar. Dengan demikian, peserta tidak perlu jauh-jauh terbang ke lokasi ujian SBMPTN di kampus tujuan.

"(Mau ujian di manapun) itu sama saja tidak ada pengaruhnya, sia-sia juga datang jauh-jauh ke sana padahal opportunity-nya sama," kata Ashari.

Semangat siap-siap SBMPTN 2022, detikers!



Simak Video "Kisah Para Petani China Lulusan Perguruan Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia