Rektor Unair Beri Extra Ticket Selain SNMPTN 2022, Simak Syaratnya!

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 28 Jan 2022 20:37 WIB
Kampus UNAIR Surabaya
Foto: Kampus UNAIR Surabaya (dok. Humas Unair)
Jakarta -

Di samping SNMPTN 2022, Universitas Airlangga (Unair) juga memberikan kesempatan ekstra yang disebut Golden Ticket bagi siswa-siswi berprestasi. Barangkali tidak banyak yang tahu, siswa yang nantinya diterima melalui jalur ini, akan tercatat diterima melalui jalur SNMPTN.

Oleh karena itu, siswa yang mendaftar lewat jalur khusus ini wajib melampirkan kartu kepesertaan SNMPTN 2022. "Karena nanti misal terseleksi dan mendapatkan, itu akan diterima melalui SNMPTN," ujar Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Unair Achmad Solihin dalam Sosialisasi SNMPTN & UTBK SBMPTN Unair 2022 secara virtual, Jumat (28/01/2022).

Solihin pun menyatakan jalur Golden Ticket tidak akan mengurangi kuota SNMPTN 2022. "Tidak mengurangi kuota SNMPTN, makanya disebut Extra Ticket," sebut Solihin.

Siswa yang berhak mendaftar Golden Ticket ini adalah mereka yang berprestasi di tiga kategori, yakni prestasi akademik, ketua OSIS, dan prestasi keagamaan (agama apa pun). Namun, Unair turut mempertimbangkan peringkat siswa di sekolah masing-masing.

"Oleh karena itu untuk Extra Ticket atau Golden Ticket, di samping melampirkan borang-borang yang ada juga harus melampirkan posisi ranking yang bersangkutan di sekolah, dan kemudian jumlah siswa di sekolah tersebut yang kelas 12 di kelompok yang sama di IPA atau IPS," papar Rektor Unair Mohammad Nasih dalam kesempatan yang sama.

Syarat Golden Ticket Unair 2022

1. Melampirkan kartu SNMPTN dengan pilihan pertama Universitas Airlangga.

2. Peserta harus punya akun Airlangga Education Expo. Acara ini diselenggarakan secara hybrid, bisa daring atau luring terbatas.

Siswa yang berlokasi di dekat Kota Surabaya bisa ikut secara luar jaringan atau offline. Tetapi, yang domisilinya jauh bisa ikut secara daring atau online.

3. Melampirkan dokumen-dokumen prestasi yang dimiliki untuk selanjutnya diverifikasi dan diseleksi. Tanggal 20 Februari sudah akan ada pengumuman siapa saja yang mungkin akan mendapatkan Extra Ticket.

4. Pendaftaran Golden Ticket Unair mulai 14 Februari sampai 19 Februari 2022.

Bagaimana detikers, tertarik mencoba?



Simak Video "Jurusan Sepi Peminat di Unair, Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia