6 Fakta Menarik SNMPTN 2022, Persaingan Ketat hingga Seleksi Gratis

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 26 Jan 2022 10:50 WIB
Ilustrasi SNMPTN 2022
Foto: Tim Infografis
Jakarta -

Saat ini calon mahasiswa baru tengah disibukkan dengan rangkaian kegiatan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Jadwal kegiatan SNMPTN 2022 saat ini yaitu pembuatan akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Dalam SNMPTN 2022, ada beberapa fakta menarik yang harus diketahui oleh siswa kelas 12. Salah satunya yaitu siswa yang lolos SNMPTN 2022 tidak dapat mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022.

Nah bagi detikers yang serius dengan SNMPTN 2022, berikut adalah beberapa fakta menarik yang harus diperhatikan. Penjelasan di bawah ini dikutip dari Institut Teknologi Kalimantan:

1. Tanpa Tes

Jalur SNMPTN tidak menggunakan tes seleksi melainkan dengan rapor dan portofolio prestasi. Oleh sebab itu jalur ini sering disebut jalur undangan tanpa tes.

2. Seleksi Gratis

Tidak seperti SBMPTN yang berbayar, jalur SNMPTN bersifat gratis. Para siswa yang mendaftar tidak dibebankan biaya pendaftaran saat melakukan pendaftaran SNMPTN.

3. Persaingan Ketat

Pada SNMPTN 2022 ini persaingannya lebih ketat karena jumlah siswa yang diterima lebih sedikit dibanding SBMPTN. Selain itu persaingan juga dimulai sejak para siswa/ siswi di rangking untuk yang eligible.

Siswa eligible adalah siswa yang dinyatakan layak untuk mendaftar SNMPTN 2022. Daftar siswa eligible ini ditentukan oleh sekolah dan dapat dicek melalui laman LTMPT.

4. Lolos SNMPTN Tidak Dapat Mendaftar SBMPTN Lagi

Bagi para siswa dan siswi eligible yang lolos dalam SNMPTN 2022 tidak dapat mendaftar SBMPTN lagi. Oleh karena itu pertimbangkan baik-baik jurusan yang dipilih agar tidak menyesal di kemudian hari.

5. Banyak Kemungkinan dan Pertimbangan

Pada jalur SNMPTN ini banyak hal yang harus dipertimbangkan misalnya nilai rapor, prestasi non akademik, sertifikat, akreditasi sekolah, rekam jejak lulusan sekolah asal, kondisi satu wilayah dengan universitas negeri, dan beragam faktor lainnya. Jadi ingat ya jangan sampai salah memilih jurusan dan universitas saat mengisi data SNMPTN 2022.

6. Harus Fokus

Dalam menentukan program studi harus fokus setelah melalui berbagai pertimbangan. Setelah fokus memilih prodi siapkanlah karya atau portofolio.

Sebelum memilih prodi baiknya juga mencari tahu mengenai berapa kuota dan tingkat keketatan prodi yang diambil.

Demikianlah fakta menarik yang harus diperhatikan saat mendaftar SNMPTN 2022. Jadi detikers perhatikan baik-baik ya!



Simak Video "Bebas Biaya Pendidikan, Ini Referensi Sekolah Kedinasan Jakarta-Jabar"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia