Lulus SNMPTN 2022, Bisakah Calon Mahasiswa Daftar Sekolah Kedinasan?

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 21 Jan 2022 19:00 WIB
Ilustrasi SNMPTN 2022
Apakah siswa yang lolos SNMPTN 2022 boleh daftar sekolah kedinasan? Foto: Tim Infografis
Jakarta -

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menetapkan, calon mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima melalui jalur SNMPTN 2022 tidak dapat mengikuti seleksi jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN pada tahun berjalan maupun selanjutnya. Tetapi, apakah peserta yang lolos SNMPTN 2022 bisa ikut seleksi sekolah kedinasan?

Ketua Umum LTMPT Prof. Mochamad Ashari mengatakan, siswa yang lolos SNMPTN 2022 tidak dapat lolos seleksi perguruan tinggi kedinasan yang menggunakan nilai UTBK. Sebab, siswa yang lolos SNMPTN tidak dapat mengikuti ujian UTBK yang digelar di SBMPTN.

"Siswa yang telah lulus SNMPTN, secara sistem di-setting tidak dapat mengikuti test UTBK sehingga siswa tersebut tidak akan lulus di SBMPTN yang seleksinya berdasarkan hasil nilai UTBK. Beberapa PT (perguruan tinggi) Kedinasan bekerjasama dengan LTMPT untuk menggunakan nilai UTBK sebagai seleksi mahasiswa baru sehingga siswa tersebut tidak memiliki nilai UTBK, yang berarti tidak akan lulus masuk seleksi," kata Ashari pada detikEdu, Jumat (21/1/2022).

Seleksi Masuk Sekolah Kedinasan yang Pakai Nilai UTBK

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini mengatakan, bentuk kerjasama yang sudah berjalan antara perguruan tinggi kedinasan dengan LTMPT yakni berupa sharing data nilai UTBK.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana LTMPT Prof. Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan, Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) melanjutkan syarat nilai UTBK sebagai seleksi masuk di 2022.

"Untuk sekolah kedinasan intinya kalau yang sudah formal tahun lalu dan akan dilanjutkan di 2022 itu adalah kedinasan dari Kementerian Keuangan," ujar Ketua Pelaksana LTMPT Budi P. Widyobroto dalam sosialisasi melalui YouTube LTMPT, Jumat (24/12/2021).

"Dari STAN mensyaratkan harus memiliki nilai UTBK," imbuh Budi.

Budi mengatakan, hingga saat ini belum ada sekolah kedinasan lain yang resmi terintegrasi menggunakan nilai UTBK SBMPTN 2022 sebagai bagian dari seleksi penerimaan mahasiswa baru.

"Sampai saat ini belum ada yang lain, masih pada penjajakan yang belum tentu akan diterapkan," kata Budi pada detikEdu, Jumat (21/1/2022).

Gimana detikers, berencana masuk sekolah kedinasan tahun ini?



Simak Video "Bebas Biaya Pendidikan, Ini Referensi Sekolah Kedinasan Jakarta-Jabar"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia