SNMPN 2022: Alur Pendaftaran, Persyaratan, dan Jadwal Pendaftaran

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 17 Jan 2022 09:00 WIB
Politeknik Negeri Surabaya
Foto: dok. PENS
Jakarta -

Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2022 telah dibuka. Jalur ini merupakan seleksi undangan untuk peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Pada SNMPN 2022 tidak dikenakan biaya apapun. Alur SNMPN ini juga mengakomodir calon peserta/siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi.

SNMPN 2022 dikhususkan untuk siswa lulusan tahun 2022. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut yang dilansir dari laman resmi SNMPN:

A. Prosedur Pendaftaran SNMPN

1. Sekolah menerima undangan berupa username dan password untuk login di laman snmpn.politeknik.or.id

2. Sekolah mengisi data dan rekomendasi siswa yang diikutsertakan pada SNMPN Politeknik.

3. Siswa login menggunakan username dan password yang diberikan pihak sekolah Siswa mengisi biodata, nilai rapor, sertifikat pendukung (maksimal 6), data keluarga, memilih jurusan, dan KIP Kuliah jika berasal dari keluarga tidak mampu.

4. Finalisasi data

Perlu diketahui, SNMPN tidak menggunakan sistem zonasi atau syarat domisili, sehingga kalian bebas memilih 2 politeknik dan 3 program studi yang tersebar di seluruh Indonesia. Mengenai siswa rekomendasi, kalian bisa bertanya langsung ke guru BK, apakah kalian memenuhi syarat untuk mendaftar ke politeknik atau tidak.

Jika kalian mendaftar ke SNMPN dan ingin sekaligus mendaftar ke SNMPTN, masih bisa dilakukan. Karena penyelenggara SNMPTN dan SNMPN itu berbeda. Namun ingat, pastikan jurusan yang kalian pilih benar-benar sesuai dengan minat dan kemampuan. Jika telah lolos namun tidak diambil, sekolahmu bisa berpotensi di blacklist.

B. Berkas yang dibutuhkan SNMPN 2022

1. Berkas Siswa

Setelah menerima username dan password berikut disarankan untuk segera login ke https://snmpn.politeknik.or.id/siswa dengan melengkapi data:

- Biodata siswa

- Data keluarga

- Data ekonomi

- Data Raport diisi sesuai dengan semester yang dijalani siswa

- Menambahkan 3 prestasi akademik/kurikuler terbaik Pilihan Jurusan Politeknik (Siswa dapat memilih 2 Politeknik dan 3 Prodi, serta bebas menempatkan urutan pilihan sesuai dengan prioritas)

- Mengisi KAP dan PIN KIP Kuliah bagi Peserta yang telah mendaftar Progam KIP Kuliah (Informasi dan pendaftaran Program KIP Kuliah dapat diakses di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/)

2. Berkas yang Dikirimkan ke Politeknik

- Fotocopy rapor semester 1 s/d 5 yang telah dilegalisir

- Pas foto berwarna ukuran 4x6 (2 lembar)

- Fotocopy akta kelahiran atau Surat Kenal Lahir

- Fotocopy 3 buah sertifikat prestasi akademik/ kurikuler terbaik yang dibuktikan dengan lampiran sertifikat yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang dicapai selama di Sekolah Menengah

- Surat keterangan lain yang disyaratkan oleh Politeknik yang dipilih (lihat keterangan syarat khusus dari politeknik yang bersangkutan)

- Persyaratan tambahan khusus siswa/pendaftar KIP Kuliah: mengirimkan 2 berkas (1 berkas untuk persyaratan SNMPN dan 1 berkas format sesuai aturan KIP Kuliah dikti, silakan lihat di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/)

C. Persyaratan Umum

1. Khusus untuk lulusan 2022

2. Sekolah wajib mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)

3. Siswa wajib mempunyai Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN)

4. Siswa mendapatkan rekomendasi dari sekolah

D. Jadwal Pendaftaran SNMPN 2022

1. Pembukaan: 3 Januari 2022

2. Sekolah mengisi data: 3 Januari - 11 Maret 2022

3. Pendaftaran: 3 Januari - 18 Maret 2022

4. Validasi data: 3 Januari - 25 Maret 2022

5. Pengumuman: 6 April 2022

Demikianlah informasi mengenai SNMPN 2022. Lebih lengkapnya dapat berkunjung ke laman https://snmpn.politeknik.or.id/.



Simak Video "Pengeroyok Mahasiswa di Politeknik Negeri Sriwijaya Ditangkap!"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia