Round Up

Tips & Trik Cara Daftar Akun LTMPT 2022 Agar Lancar, Tinggal Gaspol!

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 17 Jan 2022 08:30 WIB
Infografis cara mengisi LTMPT untuk sekolah dan siswa
Foto: Denny putra/detikcom
Jakarta -

Demi kelancaran mendaftar akun LTMPT, detikers dapat menerapkan sejumlah tips yang akan dipaparkan di bawah ini. Apalagi, baru-baru ini banyak siswa yang mengalami kendala saat melakukan proses registrasi.

Salah satunya seperti dipaparkan oleh Ade Irma, siswa SMAN 1 Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur. Dirinya mendapatkan notifikasi 'Terjadi masalah API Pusdatin' dan 'Mohon maaf antrean penuh' saat portal LTMPT mengalami eror. Dalam penuturannya pada detikEdu, Jumat (14/01/2022). Irma mengaku baru berhasil setelah melakukan percobaan mendaftar selama tiga hari, sejak Rabu (12/01/2022) hingga Jumat (14/01/2022) pukul 03.26 WIB dini hari.

Oleh sebab itu, untuk menghindari kendala yang sama, berikut ini sejumlah tips yang berhasil dihimpun detikEdu, mulai dari mengatasi portal LTMPT yang eror, cara membuka akun LTMPT yang terkunci, sampai cara mengecilkan foto.

Cara Mengatasi Portal LTMPT 2022 yang Eror

Berdasarkan pengalaman dari beberapa siswa yang dihubungi detikEdu, ada tips dan trik yang dapat diterapkan untuk mengatasi kendala semacam ini. Begini penjelasannya:

1. Cek Portal LTMPT secara Berkala dalam Sehari

Siswa SMA dari Daerah Istimewa Yogyakarta bernama Farah menyiasati laman LTMPT yang eror dengan cara memantau berkala selama seharian. Siswa yang berencana mendaftar ke program studi Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini mencoba mendaftar sejak Rabu (12/01/2022) dan berhasil verifikasi email pada Kamis (13/01/2022) pukul 5 sore WIB.

Akan tetapi, hingga dihubungi pada Jumat (14/01/2022), dirinya masih belum dapat melakukan verifikasi data diri. Farah memantau portal LTMPT di waktu-waktu yang dia sempat melakukannya.

2. Daftar pada Jam Sekolah dan Ibadah

Valkyrie, siswa asal Semarang, mengaku mendaftar pada saat jam sekolah dan beribadah. Pelajar yang ingin mendaftar prodi Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mendapati proses yang lancar saat membuat akun LTMPT.

Dia melakukan registrasi akun dalam sekali coba pada Jumat (14/01/2022). Akan tetapi, Valkyrie bertemu kendala saat dirinya memasuki tahap verifikasi dan validasi (verval) data.

3. Mendaftar pada Dini Hari

Setelah mencoba selama tiga hari sejak Rabu (12/01/2022), Ade Irma siswa SMAN 1 Mojosari Mojokerto, berhasil registrasi pada hari Jumat (14/01/2022) pukul 03.26 WIB. Dia memang berusaha mendaftar pada jam-jam sepi antara pukul 1-3 dini hari.

"Spam berkali-kali, registrasinya di jam-jam sepi kayak di atas jam 1-3 pagi, jangan lupa berdoa dulu minta kelancaran dan kemudahan," terang siswa yang hendak mendaftar ke prodi Akuntansi Universitas Negeri Malang (UM) ini.

Cara membuka akun LTMPT yang terkunci, klik selanjutnya >>>



Simak Video "Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli HP Baru "
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia