Akun LTMPT Terkunci karena Lupa Password? Jangan Lupa Lakukan Ini

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Sabtu, 15 Jan 2022 21:00 WIB
Infografis cara mengisi LTMPT untuk sekolah dan siswa
Ilustrasi LTMPT. Bagaimana cara atasi akun LTMPT yang terkunci? (Foto: Denny Putra/detikcom)
Jakarta -

Kesalahan pengisian password (kata sandi) yang terdaftar di portal LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi dapat berujung pada penguncian akun LTMPT milik siswa maupun sekolah. Sebagai pihak penyelenggara, LTMPT membagikan tips cara menghindarinya.

Perlu diketahui sebelumnya, ada dua bentuk penguncian akun yang dilakukan oleh pihak LTMPT. Pertama, penguncian dapat bersifat sementara dan yang kedua, penguncian bersifat total atau selamanya.

Melalui penjelasan dalam akun resmi Instagram LTMPT, penguncian akun sementara disebabkan dari kesalahan pengisian password yang telah dilakukan maksimal lima kali. Pembekuan sementara ini hanya akan berlangsung selama 15 menit.

Selanjutnya, LTMPT akan memberikan kesempatan kedua untuk melakukan pengisian password akun. Namun, bila masih melakukan kesalahan pengisian password lanjutan sebanyak lima kali, akun LTMPT siswa atau sekolah akan terkunci total.

Dalam artian, peserta atau sekolah yang sudah melakukan total sepuluh kesalahan dalam pengisian password, tidak dapat lagi menggunakan akun LTMPT tersebut selamanya.

"Jika terjadi lima kali kesalahan dalam menginput password, akun siswa atau sekolah akan DIBEKUKAN SEMENTARA selama 15 menit. Sedangkan jika kesalahan password terjadi sampai lima kali lagi (total 10 kali salah password), maka akun siswa atau sekolah akan DIBEKUKAN TOTAL," tulis LTMPT dan dilihat pada Sabtu (15/1/2022).

Lantas, apa yang harus dilakukan ketika menghadapi kendala ini?

Tips Menghindari Akun LTMPT Menjadi Terkunci Total

Penguncian akun LTMPT ini tentunya akan menghambat proses pendaftaran dan pelaksanaan selama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2022 nanti.

Untuk itu, tips pertama yang disampaikan oleh LTMPT ketika menghadapi kendala tersebut adalah tetap tenang dan tidak panik. Sebab, panik saja tidak dapat menyelesaikan masalah.

Jadi, tips selanjutnya yang paling tepat adalah segera bertindak. Siswa maupun sekolah bisa segera memilih menu FORGOT PASSWORD dalam layar masuk akun. Kemudian, akun LTMPT sudah dapat dipastikan selamat dari pembekuan total.

"Kesalahan lupa password kerap dialami cukup banyak siswa dan sekolah yang akan melakukan registrasi, tapi jangan panik dulu ya! Jika hal ini terjadi, siswa dan sekolah bisa menggunakan menu FORGOT PASSWORD untuk menghindari akun dibekukan selamanya," bunyi keterangan tertulis LTMPT.

Selanjutnya, LTMPT juga mengingatkan para peserta dan sekolah agar menyimpan dan mencatat password akun LTMPT yang telah terdaftar sebaik mungkin. Hal ini merupakan upaya untuk meminimalisir kesalahan pengisian password.

"Jadi, yuk kita simpan dan catat password akun LTMPT dengan baik! Tetap semangat dan jaga kesehatan," bunyi caption dalam postingan LTMPT tersebut.

Untuk diketahui, saat ini pendaftaran SNMPTN 2022 telah memasuki tahap registrasi akun LTMPT bagi siswa maupun sekolah. Namun sejumlah siswa dan orang tua mengeluhkan kendala saat mencoba daftar akun LTMPT sejak Senin (10/1/2022).

Ketua Pelaksana LTMPT Prof. Dr. Budi Prasetyo Widyobroto menyampaikan, pendaftaran akun saat ini sudah lancar.

"Sementara sudah lancar daftar akun (LTMPT)," kata Budi pada detikEdu, Sabtu (15/1/2022).

Batas akhir pendaftaran akun akan jatuh pada 15 Februari 2022 mendatang. Seluruh siswa yang eligible dalam SNMPTN 2022 diwajibkan untuk membuat akun LTMPT sebelum memulai pendaftaran SNMPTN nantinya. Jadi, jangan lupa catat tips yang telah dijelaskan sebelumnya agar akun LTMPT kamu tetap aman ya!



Simak Video "SNMPTN 2021 Dibuka, Begini Tahapan Pendaftarannya"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia