LTMPT Sebut Faktor Ini Sering Buat Gagal SNMPTN maupun SBMPTN

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 10 Jan 2022 19:30 WIB
Infografis cara mengisi LTMPT untuk sekolah dan siswa
Foto: Denny putra/detikcom
Jakarta -

Pada tahap pembuatan akun LTMPT, ada satu faktor yang sering mengakibatkan peserta gagal diterima jalur penerimaan SNMPTN maupun SBMPTN. Oleh karena itu, pihak LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri mengingatkan agar hal ini tidak sampai dilakukan.

"Banyak siswa gagal di SN (SNMPTN) maupun di SB (SBMPTN) gara-gara fotonya tidak kelihatan," ujar perwakilan LTMPT Arif Djunaidy pada sosialisasi Mekanisme Registrasi Akun LTMPT dan Verval Data dalam PMB 2022 secara daring, Senin (10/01/2022).

"Saya katakan banyak itu karena ribuan foto yang tidak kelihatan," imbuhnya. Oleh sebab itu, dirinya mengingatkan agar para pendaftar benar-benar memahami syarat pasfoto yang ditentukan.

Arif menyebutkan, pasfoto yang diunggah dalam proses pembuatan akun LTMPT dan verval data juga tidak boleh foto narsis, foto keluarga, dan sebagainya.

Ketentuan Pasfoto Akun LTMPT

1. Ukuran 4x6 cm, resolusi minimal 200 px X 300 px (kurang lebih 250 dpl), dan rasio 2:3

2. Pasfoto wajib berwarna dan latar belakangnya polos warna apa saja

3. Format file JPG/JPEG/PNG

4. Ukuran maksimal 300 KB

5. Orientasi portrait/vertikal

6. Badan dan kepala tegak sejajar hadap kamera

7. Foto harus tajam dan fokus

8. Tidak ada foto di bagian kepala yang terpotong dan wajah juga tidak boleh tertutupi ornamen

9. Foto bagian kepala berada di tengah secara horizontal, artinya jarak kepala dengan batas kiri dan batas kanan kurang lebih sama.

Ketentuan Pasfoto Peserta Berkacamata dan Berhijab

Pada persyaratan pasfoto ini, LTMPT menganjurkan memakai foto terbaru, karena dikhawatirkan ada perubahan. "Jadi kalau tidak ada perbedaan yang sekian mencolok sebenarnya tidak apa-apa," ucap Arif.

Salah satu contoh pentingnya memakai foto terkini adalah dalam kasus di mana seorang peserta dahulu tidak berhijab dan kini mengenakan hijab. Pihak Arif menegaskan dalam kasus seperti ini sangat penting memakai foto terbaru.

Selanjutnya, dalam tahap verval data akun LTMPT ini siswa yang berkacamata boleh mengunggah pasfoto berkacamata, asalkan jenisnya kacamata baca. Bukan kacamata anti sinar matahari/ultraviolet. "Kalau kacamata baca dan dia emang kesehariannya memang menggunakan kacamata baca itu, harus pakai itu," tegas Arif.



Simak Video "Merajut Asa Kembali ke Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia