2 Jurusan Langka Ini Cuma Ada di UI, Cocok untuk Pilihan SNMPTN Kamu?

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 03 Des 2021 18:00 WIB
Sejumlah mahasiswa UI dari unsur BEM dan lainnya menggelar piknik di depan gedung rektorat. Massa menuntut pencabutan Statuta UI.
Foto: A.Prasetia/detikcom
Jakarta -

Detikers menjelang SNMPTN 2022, pasti kalian masih bingung memilih jurusan apa yang benar-benar cocok untuk kalian. Jika kalian berminat kuliah di Universitas Indonesia (UI) maka kalian bisa berkuliah di jurusan langka tersebut.

UI sendiri terletak di Jl. Margonda Raya, Pondok Cina, Kacamatan Beji, Kota Depok. Di beberapa lembaga pemeringkatan UI selalu masuk ke dalam lima besar universitas terbaik.

Melansir dari laman resmi UI, berikut adalah jurusan-jurusan langka yang hanya ada di UI:

1. Sastra Belanda

Pada program studi (prodi) Sastra Belanda yang dipelajari adalah aspek sastra dan juga budayanya bukan hanya bahasa. Lulusan dari prodi ini juga dapat bekerja di sejumlah sektor seperti Kementerian Luar Negeri, kedutaan besar, pariwisata, keimigrasian, media massa, serta lembaga lainnya yang membutuhkan ahli bahasa dan budaya.

Di Prodi ini juga terdapat lab pendukung seperti Laboratorium Fonetik, Laboratorium Leksikologi dan Leksikografi, dan Laboratorium Bahasa.

Jika kalian ingin berkuliah di prodi ini, biaya pendidikan S1 reguler disesuaikan dengan kemampuan penanggung biaya. Skema pembayaran tersebut dinamakan BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan).

Untuk BOP-Bnya sendiri yaitu sekitar Rp100.000,00-Rp5.000.000,00.

Prodi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.

2. Kriminologi

Kriminologi adalah jurusan langka yang hanya terdapat di UI. Kriminologi sendiri adalah ilmu yang memberikan pemahaman yang holistik mengenai kejahatan. Mempelajari kriminologi berarti adalah melihat fenomena kejahatan dengan pemahaman yang sebenar-benarnya.

Kriminologi juga dapat digunakan sebagai dasar pembuatan kebijakan publik (kebijakan kriminal) atau pengambilan keputusan yang tepat untuk merespons fenomena kejahatan. Kajian dalam kriminologi sendiri dibagi menjadi empat aspek yaitu kejahatan, pelaku kejahatan, korban kejahatan, serta reaksi masyarakat terhadap kejahatan.

Prodi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.

Itulah jurusan langka di UI yang dapat dijadikan pilihan jurusan untuk SNMPTN 2022. Jadi detikers tertarik berkuliah di jurusan tersebut?



Simak Video "Mahasiswa-Dosen UI Unjuk Rasa di Kampus, Tuntut Statuta Dibatalkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia