Pelaksanaan Seleksi Mandiri UPN Veteran Yogyakarta Ditunda, Ini Alasannya

Jauh Hari Wawan S - detikEdu
Jumat, 02 Jul 2021 13:31 WIB
Kampus UPN Veteran Yogyakarta
Foto: Jauh Hari Wawan
Sleman -

Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) Mohamad Irhas Effendi memutuskan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) Jalur Seleksi Mandiri (SM) di Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, Tegal, dan Madiun ditunda. Ujian yang sedianya akan dilaksanakan secara offline atau luring pada 3 dan 4 Juli 2021 ditunda menjadi tanggal 17 dan 18 Juli.

Keputusan penundaan UTBC diumumkan secara resmi oleh Rektor sesuai Surat Edaran Nomor. 28/ UN62/SE/2021 pada tanggal 1 Juli 2021 tentang Penundaan dan Perubahan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) Program Sarjana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta Tahun Akademik 2021/2022.

"Penyelenggaraan UTBC diubah menjadi Ujian Computer Base Test (CBT) secara online pada tanggal 17 dan 18 Juli 2021. Penyelenggaraan Ujian Computer Base Test (CBT) dilaksanakan secara daring (online) dari lokasi domisili peserta," kata Irhas dalam keterangannya, Jumat (2/7/2021).

Irhas menjelaskan, kebijakan ini diambil dengan mengacu pada pernyataan Presiden Joko Widodo secara resmi pada tanggal 1 Juli 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Darurat) se-Jawa dan Bali, mulai tanggal 3-20 Juli 2021.


Selain itu, menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 39/SE/VI/2021 tentang Penundaan Sementara Kegiatan yang Dapat Menimbulkan Kerumunan di Lingkungan Pemerintah DIY dalam Masa Pandemi COVID-19.

"Teknis penyelenggaraan Ujian Computer Base Test (CBT) akan diinformasikan pada tanggal 13 Juli 2021 di laman https://pmb.upnyk.ac.id," jelas Irhas.

Sementara itu, Wakil Rektor UPNVY Suharsono menambahkan, para peserta yang sudah mendaftar secara online dan memiliki kartu peserta UTBC akan mengikuti ujian CBT sesuai waktu yang ditentukan.

"Karena teknis pelaksanaan UTBC dan CBT berbeda maka ketentuan ujiannya akan berbeda. Peserta nantinya akan mencetak kartu tes yang baru. Ketentuan dan syaratnya dapat dilihat di website," jelasnya.

Penundaan ini kata Suharsono sebagai upaya pengendalian dan pencegahan COVID-19. Mengingat kasus COVID-19 di DIY dan daerah lain di Indonesia mengalami lonjakan.

"Peserta kami harapkan memperhatikan ini dan selalu memantau perkembangan informasi lebih lanjut mengenai hal ini di laman pmb.upnyk.ac.id," imbuhnya.

Seperti sudah diinformasikan sebelumnya, pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UPNVY tahun 2021 tersedia tiga jalur pilihan yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri.

Daya tampung PMB UPNVY tahun 2021 yaitu sebanyak 3.640 mahasiswa dengan perbandingan SNMPTN sebesar 20%, SBMPTN sebesar 50%, dan Seleksi Mandiri sebesar 30%.



Simak Video "Satgas Covid-19 Pantau Tempat Wisata Selama PPKM Mikro"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia