Dear Maba ITS, Pengisian Data Online Jalur SBMPTN 2021 Ditutup Hari Ini

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 25 Jun 2021 12:30 WIB
Kampus ITS Surabaya
Foto: Kampus ITS Surabaya (dok. ITS)/Dear Maba ITS, Pengisian Data Online Jalur SBMPTN 2021 Ditutup Hari Ini
Jakarta - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tengah melaksanakan proses daftar ulang calon mahasiswa baru (camaba) jalur SBMPTN 2021. Proses yang ditutup pada 28 Juni mendatang ini juga terdiri dari pengisian data online.

Dilansir akun Instagram ITS, pengisian data online akan berakhir pada hari ini, Jumat (25/6/2021) pada pukul 16.00 WIB. Langkah tersebut dapat dilakukan melalui laman sipmaba.its.ac.id.

Selanjutnya, verifikasi data ekonomi orang tua akan dilakukan Sabtu besok, 26 Juni 2021. Tahapan ini juga akan dilakukan pada mahasiswa baru pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

Jika proses daftar ulang telah selesai dilakukan semuanya, mahasiswa baru perlu mencetak buktinya di laman yang sama, maksimal tanggal 28 Juni 2021. Kemudian, mereka akan mendapat nomor registrasi pokok (NRP).

Guna menyelesaikan proses daftar ulang, para mahasiswa baru ITS perlu menyiapkan dokumen-dokumen di bawah ini, sebelum login dan mengisi biodata.

Dokumen Daftar Ulang ITS

1. Data pendukung (terutama data diri saat SMA/SMK/MA

2. Pas foto ukuran 400 x 600 piksel (terbaru), format JPG atau PNG. Ukuran maksimal 500 kb, latar belakang berwarna biru, baju polos warna cerah (misalnya putih, merah muda, krem, kuning, dst.)

3. Dokumen pendukung:

- Bukti pembayaran PBB aset yang dimiliki

- Surat keterangan terbaru pekerjaan orang tua/wali

- Foto usaha orang tua/wali jika pekerjaannya wiraswasta

- SPT Tahunan (Laporan Pajak/SPT Form A/Form 1770 S/Form 1770 SS) orang tua/wali. Jika tidak memiliki, maka wajib melampirkan surat keterangan tidak memiliki NPWP dari RT/RW

- Slip pembayaran PLN atau pembelian token listrik. Jika tidak punya bukti PLN, maka harus ada surat pernyataan dari RT/RW

- Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Susunan Keluarga (KSK)

- Pajak kendaraan bermotor (PKB) roda 2 dan roda 4 (yang ada di bagian belakang STNK). Apabila tidak memiliki kendaraan roda 2 dan 4, maka wajib melampirkan surat keterangan pada RT/RW bahwa tidak memiliki kendaraan roda 2 dan 4.

- Foto rumah tampak depan dan jelas, ruang tamu/keluarga, 2 ruang tidur, kamar mandi/dapur

4. Mengisi surat pernyataan berupa:

- Surat pernyataan akan mengunggah dokumen dengan sebenar-benarnya (disertai materai Rp10.000,00).

- Surat pernyataan tidak menggunakan/mengedarkan narkotika, psikotropika, zat adiktif (NAPZA), tidak akan mengikuti kegiatan yang dilarang pimpinan ITS, serta tidak akan berbuat kriminal baik di luar maupun di dalam ITS (disertai materai Rp10.000,00)

- Surat pernyataan tidak akan menarik kembali uang kuliah yang telah dibayarkan (dengan materai Rp10.000,00)

5. Mahasiswa baru yang belum memiliki BPJS/KIS/asuransi kesehatan lain, maka wajib menyertakan surat keterangan dari RT/RW bahwa belum memilikinya

6. Maba yang belum mempunyai BPJS atau akan ganti faskes, dapat dilakukan di Pandawa KCU Surabaya

7. Calon maba yang terbukti melakukan pemalsuan (baik saat daftar ulang maupun ketika sudah resmi jadi mahasiswa nanti), akan dikenakan pembatalan hak sebagai mahasiswa baru atau dikeluarkan sebagai mahasiswa.

8. Jadwal tes bahasa Inggris, TPA, dan psikotes akan diberi saat daftar ulang

Detikers, jangan lupa isi data online ITS jalur SBMPTN 2021 ya!

Simak Video "Guyub Rukun, 6 Rumah Ibadah di Surabaya Saling Berdampingan "
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia