Tips Dapat Nilai SBMPTN Sempurna dari Ardian, Siswa CT Arsa Peraih Beasiswa di Jepang

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 22 Jun 2021 16:35 WIB
Cerita Ardian, Siswa CT Arsa Sukoharjo dengan SBMPTN 2021 Sempurna & Raih Beasiswa
Foto: Dok. Ardian CT Arsa Sukoharjo
Jakarta - Mendapat nilai SBMPTN sempurna adalah impian dari banyak siswa SMA. Tri Ardian Rinalda, atau akrab dipanggil Ardian, adalah salah satu yang dapat mewujudkannya.

Siswa dari SMA Unggulan CT Arsa Sukoharjo ini memperoleh skor 1.000 pada bidang studi matematika. Kini, Ardian tengah mempertimbangkan dua perguruan tinggi yang akan ia jadikan pijakan berikutnya.

Ardian lolos SBMPTN dan diterima di Teknik Elektro Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB). Dia juga baru saja diterima di beasiswa Mitsui Bussan Jepang.

Ketika dihubungi detikEdu pada Selasa (22/06/2021), Ardian menceritakan bahwa dirinya jarang belajar sendiri untuk seleksi SBMPTN. "Saya lebih sering mengikuti pelajaran yang ditentukan sekolah," ujar Ardian.

Ketika ada waktu luang, Ardian lebih sering menggunakannya untuk belajar demi persiapan sekolah ke luar negeri. Dalam menghadapi UTBK SBMPTN 202 lalu, Ardian mengaku bahwa ia sebetulnya kesulitan dalam mata pelajaran fisika dan biologi.

Ardian dengan jujur mengatakan bahwa dia merasa kurang referensi belajar fisika dan biologi serta malu bertanya ke guru. Padahal, ia mengaku bahwa guru-gurunya bersikap terbuka terhadap pertanyaan.

"Ya saya, pemalu gitu lah. Jadi, kalau ada kesulitan di fisika, saya lebih sering tanya ke teman-teman dan seringkali jawabannya kurang memuaskan bagi saya," jelas Ardian.

Bagi siswa-siswi SMA yang akan menghadapi seleksi perguruan tinggi tahun depan, Ardian turut memberikan beberapa tipsnya. Pertama, ia menyarankan untuk mengetahui semua cakupan materi yang akan keluar di UTBK.

Kedua, ia menyarankan untuk memahami materi SBMPTN yang bisa dikuasai atau ditingkatkan di sisa waktu sebelum seleksi tiba.

"Kalau misalkan ada materi yang kamu kurang bisa, setidaknya hafalkan cara-cara cepat atau triknya gimana," sebut Ardian.





Simak Video "CT ARSA Foundation dan TNI AL Gelar Vaksinasi di Muara Gembong"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia