Penting dan Wajib Diperhatikan dalam SIMAK UI: Koneksi, Perangkat, Kamera

Kristina - detikEdu
Minggu, 20 Jun 2021 06:30 WIB
Ilustrasi Kampus UI, Depok
Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO
Jakarta - Ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI 2021 berlangsung pada Sabtu-Minggu, 19-20 Juni 2021. Setidaknya, ada 3 hal penting yang perlu dipersiapkan peserta dalam menghadapi ujian.

Materi ujian SIMAK UI S1 Paralel dan Vokasi (D3) terdiri dari Kemampuan Dasar (KD), Kemampuan IPA (KA), dan Kemampuan IPS (KS). Untuk KD terdiri dari Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Sedangkan, materi KA terdiri dari Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sementara itu, KS terdiri dari Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi.

Pada tahun ini, SIMAK UI dilaksanakan secara online di rumah masing-masing peserta. Ujian dilaksanakan serentak menggunakan Waktu Indonesia Barat (WIB). Peserta yang berada di lokasi dengan zona waktu selain WIB, maka dapat menyesuaikan dengan WIB.

Sebelum mengikuti ujian, peserta perlu memperhatikan hal-hal teknis dalam menunjang kesuksesan pelaksanaan ujian.

Berikut 3 hal penting yang wajib diperhatikan dalam mengikuti SIMAK UI 2021:

1. Koneksi Internet

Hal penting yang pertama adalah koneksi internet. Selama ujian, peserta akan membutuhkan koneksi internet yang stabil. Pastikan detikers memiliki koneksi internet sangat baik, ya!

SIMAK UI tidak bertanggung jawab atas permasalahan yang disebabkan gangguan koneksi internet peserta.

2. Spesifikasi Perangkat

Hal yang tidak kalah penting lain yaitu perangkat. Peserta ujian dapat menggunakan salah satu perangkat sebagai berikut: laptop dengan kamera; komputer desktop dengan webcam; tablet; atau HP (landscape/ horizontal) dengan resolusi minimal 1280 x 720.

Soal ujian SIMAK UI dapat diakses menggunakan aplikasi Firefox atau Chrome versi stable terbaru. Menurut penelusuran detikEdu, versi terbaru yang bisa digunakan peserta adalah Firefox 78 atau Chrome 83.

Browser selain Firefox dan Chrome atau versi yang lebih rendah tidak mendukung pelaksanaan ujian. Nonaktifkan aplikasi/ add ons yang terpasang di browser.

Setelah itu, atur tanggal dan jam pada perangkat agar sesuai dengan waktu yang sebenarnya. Waktu yang tidak sesuai dapat menyebabkan ujian tidak dapat dimulai.



3. Posisi Kamera

Saat memasuki ruang ujian online, secara otomatis kamera akan dalam posisi on. Untuk itu, pastikan detikers menempatkan posisi dengan benar dan terlihat jelas oleh kamera, ya! Pakaian yang digunakan juga harus rapi.

Ruang ujian sebagaimana terlihat oleh kamera hanya boleh diisi peserta yang ujian bersangkutan saja. Artinya, tidak boleh ada orang lain di ruang ujian. Selain itu, peserta juga tidak boleh digantikan oleh orang lain.

Untuk diketahui, peserta SIMAK UI hanya dapat mengikuti ujian selama waktu ujian berlangsung. Tidak ada penambahan waktu maupun ujian susulan bagi peserta yang terlambat atau yang mengalami gangguan koneksi internet dan gangguan teknis lainnya. Waktu ujian tertera di kartu ujian.

Simak Video "Hujan Kritikan Rangkap Jabatan Rektor UI"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia