Hebat! Pelajar Madrasah Ini Raih Nilai Sempurna di UTBK SBMPTN 2021

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 18 Jun 2021 16:05 WIB
UPI Bandung menggelar Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2021 gelombang II. UTBK berlangsung dengan protokol kesehatan ketat.
Penyelenggaraan UTBK SBMPTN 2021 di UPI Bandung (Foto: Siti Fatimah)
Jakarta -

Prestasi membanggakan kembali datang dari siswa siswi madrasah. Kali ini terdapat 6 siswa siswi madrasah berprestasi yang mendapatkan nilai sempurna (1000) dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2021.

"Nilai sempurna tentu bukan hal yang mudah didapatkan, ini menandakan kualitas kemampuan siswa madrasah semakin baik," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani dalam keterangan tertulis, Jumat (18/6/2021)

Siswa-siswi madrasah berprestasi tersebut berasal dari Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Padang Pariaman sebanyak dua orang dan empat lainnya dari MAN Insan Cendekia Pekalongan.

Berikut adalah daftarnya siswa siswi madrasah berprestasi dalam nilai UTBK SBMPTN 2021:

1. Muhamad Hanan siswa MAN IC Padang Pariaman, meraih nilai sempurna untuk mata pelajaran Matematika dan Kimia Kelompok Ujian Saintek 2021, diterima pada Universitas Brawijaya Kota Malang.

2. Muhamad Irfan siswa MAN IC Padang Pariaman, meraih nilai sempurna untuk mata pelajaran Kimia Kelompok Ujian Saintek 2021, diterima pada Universitas Brawijaya Kota Malang.

3. Muhammad Itqon Alexander siswa MAN IC Pekalongan, meraih nilai sempurna untuk mata pelajaran Kimia Kelompok Ujian Saintek 2021, diterima di Teknik Fisika Universitas Gajah Mada.

4. Fikri Naufal Hamdi siswa MAN IC Pekalongan, meraih nilai sempurna mata pelajaran Kimia pada Kelompok Ujian Saintek 2021, diterima di Teknik Elektro dan Informatika ITB.

5. Salma Salsabila Firdausa siswa MAN IC Pekalongan, berhasil meraih nilai sempurna mata pelajaran Sejarah TKA Kelompok Ujian Sosial Humaniora, diterima di Fakultas Psikologi UGM.

6. Alghifari Mahfudz Rumi siswa MAN IC Pekalongan, meraih nilai 1000 Tes Potensi Skolastik (TPS) Pengetahuan dan Pemahaman Umum Kelompok Ujian Saintek, diterima di Teknik Mesin ITB.

Dhani mengatakan keberhasilan yang diraih oleh siswa MAN IC diharapkan dapat memotivasi siswa-siswi madrasah yang lain agar mendapatkan hasil yang maksimal dengan usaha serta kerja keras.

"Seluruh siswa siswi madrasah berprestasi https://www.detik.com/tag/madrasah dan yang lulus SBMPTN 2021 harapannya dapat mengharumkan nama madrasah di kampusnya nanti, dengan tetap mempertahankan prestasi," ujar Dhani.

Secara terpisah, Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ishom Yusqi mengaku bangga dengan prestasi nilai sempurna yang diraih oleh siswa MAN IC secara umum.

Menurutnya, dengan banyaknya siswa madrasah meraih nilai sempurna dalam UTBK SBMPTN 2021, menandakan siswa madrasah mampu bersaing dengan siswa-siswa lainya diluar lulusan Madrasah.

"Ini prestasi yang luar biasa, tidak mudah mendapatkan nilai sempurna," ujar Guru Besar IAIN Ternate ini.

Ishom berharap, prestasi akademik yang diraih oleh siswa MAN IC, bisa menjadi motivasi siswa-siswi madrasah yang lain. Dengan kemandirian yang ada, mereka mampu membuktikan bahwa siswa madrasah mampu berprestasi dan bersaing dengan siswa sekolah lain.



Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia