Nilai UTBK 2021 Bisa Digunakan di Jalur Mandiri 8 PTN, Ini Daftarnya

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 16 Jun 2021 10:48 WIB
Universitas Brawijaya (UB) menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahap II. UTBK akan digelar dua hari mulai hari ini.
Foto: Istimewa/Nilai UTBK 2021 Bisa Digunakan di Jalur Mandiri 8 PTN, Ini Daftarnya
Jakarta - Nilai UTBK 2021 dapat digunakan calon mahasiswa baru untuk mendaftar via jalur mandiri. Nilai tersebut sendiri baru bisa diakses pada Rabu (16/06/2021) di pagi atau siang hari.

"Diusahakan malam ini (para peserta bisa cek nilai UTBK 2021). Tinggal 10 persen. Insya Allah pagi atau siang sudah bisa," kata Ketua LTMPT Mohammad Nasih kepada detikEdu.

Sedikitnya ada delapan PTN yang menggunakan nilai UTBK sebagai syarat mengikuti seleksi jalur mandiri. Seleksi ini menjadi alternatif bagi peserta yang masih ingin melanjutkan pendidikan di PTN.

Berikut daftar PTN yang menggunakan nilai UTBK 2021

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Seleksi mandiri (SM) ITB masih akan dibuka hingga 20 Juni 2021 nanti pukul 17.00 WIB. Nilai UTBK 2021 beserta nilai rapor dapat digunakan untuk mendaftar ke fakultas/sekolah selain FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain).

Kemudian, untuk pendaftar FSRD sendiri, dokumen yang dibutuhkan adalah skor UTBK, nilai rapor, dan hasil kemampuan seni rupa. Informasi mengenai jalur mandiri ITB ini dapat disimak di https://admission.itb.ac.id/.

2. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Jalur mandiri IPB dilaksanakan menggunakan dua macam seleksi, yaitu dengan skor UTBK atau Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK). Pendaftaran untuk seleksi dengan nilai UTBK sendiri sudah akan ditutup hari ini, Selasa (16/06/2021) pada pukul 16.00 WIB sore.

Pengumuman bagi seleksi jalur tersebut akan diberikan oleh IPB pada 5 Juli 2021. Informasi selengkapnya mengenai seleksi mandiri IPB dengan skor UTBK dapat disimak di https://admisi.ipb.ac.id/.

3. Institut teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Seleksi jalur mandiri ITS dinamakan dengan SKMP (Seleksi Kemitraan, Mandiri dan Prestasi). Seleksi tersebut akan dilaksanakan berdasarkan nilai UTBK 2021 atau nilai Tes Kemampuan Akademik (TKA) ITS 2021 atau keduanya, nilai rapor, deskripssi diri, dan prestasi lain.

Pendaftaran jalur mandiri ITS sudah akan ditutup ebsok, 17 Juni 2021. Selengkapnya, kamu dapat melihat informasi seputar SKMP di https://smits.its.ac.id/.

4. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Salah satu jenis seleksi jalur mandiri di UNS adalah Seleksi Mandiri Jalur UTBK (SM UNS-SMJU (UTBK)). Pendaftaran untuk jalur (SM UNS-SMJU (UTBK)) UNS akan ditutup besok 17 Juni 2021.

Bagi yang berminat, biaya pendaftaran yang dikenakan oleh UNS adalah Rp200.000,00. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jalur ini, dapat disimak di https://spmb.uns.ac.id/.

5. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Bagi peserta yang tidak diterima di SBMPTN 2021 dan berminat mendaftar di UNY, bisa mengikuti jalur mandiri dengan skor UTBK. Jalur ini dibuka dari 14 Juni hingga 8 Juli 2021.

Namun, pendaftar harus memilih prodi sesuai denga UTBK SBMPTN yang diikutinya di tahun 2021. Untuk mengetahui lebih jelas tentang seleksi menggunakan skor UTBK di UNY, informasinya dapat dilihat di https://pmb.uny.ac.id/.

6. Universitas Negeri Malang (UM)

Ada dua jenis seleksi yang dilakukan oleh UM pada jalur mandiri, salah satunya menggunakan skor UTBK SBMPTN 2021. Pendaftaran untuk jalur ini akan ditutup pada 17 Juni 2021.

Pendaftar yang mengikuti jalur mandiri UM tidak boleh mendaftar lebih dari satu jenis seleksi. Untuk mengetahui syarat dan jadwal penting mengenai seleksi mandiri dengan skor UTBK di UM, kamu dapat menyimaknya di http://home.seleksi.um.ac.id/.

7. Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)

UNSOED membuka dua jalur seleksi mandiri, yaitu jalur UTBK dan nonUTBK. Peserta jalur UTBK bisa memilih hingga 4 prodi, yaitu 2 prodi sarjana dan 2 prodi diploma.

Pendaftaran jalur mandiri UNSOED hanya dibuka hingga 18 Juni 2021. Selengkapnya, informasi mengenai seleksi mandiri dengan nilai UTBK UNSOED ini dapat dilihat di https://pendaftaran.spmb.unsoed.ac.id/.

8. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Pendaftaran jalur mandiri UNPAD hanya dibuka hingga hari Rabu 17 Juni 2021 pukul 15.00 WIB. Ada dua skema seleksi yang diadakan oleh UNPAD, yaitu dnegan nilai UTBK dan dengan nilai SMUP (Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran)

Hasil dari seleksi tersbeut akan diumumkan 2 Juli 2021. Untuk mengetahui informasinya secara komplit, kamu dapat mengakses laman ini http://smup.unpad.ac.id/.

Itulah deretan PTN yang menggunakan nilai UTBK 2021 dalam seleksi jalur mandiri. Catat dan daftarkan dirimu ya.

Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia