Tak Lulus SBMPTN 2021? 7 PTN Ini Masih Buka Jalur Mandiri Lho!

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 15 Jun 2021 17:00 WIB
Infografis 10 Fakultas di ITB dengan daya tampung terbanyak
Foto: Fuad Hasyim/detikcom/Tak Lulus SBMPTN 2021? 7 PTN Ini Masih Buka Jalur Mandiri Lho!
Jakarta -

Pada pengumuman SBMPTN 2021 Senin (14/6/2021) kemarin, hanya ada 197.657 peserta UTBK yang lolos seleksi. Sedangkan, sisanya ada 580.191 orang yang dinyatakan tak lolos dari 777.848 orang.

Ketua LTMPT Mohammad Nasih mengungkapkan dalam konferensi pers LTMPT kemarin Senin (14/06/2021), "Saya yakin semua peserta yang mengikuti UTBK, semuanya adalah orang-orang yang pandai, orang-orang yang pintar, orang-orang yang cerdas dengan nilai yang bagus, hanya memang nilai tersebut harus kita urutkan."

Namun, peserta yang tidak lulus masih berkesempatan menjadi mahasiswa baru di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pasalnya, beberapa universitas negeri yang masih membuka jalur mandiri 2021.

7 PTN yang Masih Membuka Jalur Mandiri 2021

  • 1. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Ada beberapa jenis jalur mandiri yang masih dibuka dan akan ditutup dalam waktu dekat, di antaranya adalah Seleksi Mandiri Jalur Tulis (SMJU-UTUL UNS), Seleksi Mandiri Jalur UTBK (SMJU-UTBK), Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM), dan Seleksi Mandiri Jalur Kelas Internasional (SMJKI). Untuk jalur Utul dan UTBK akan ditutup pada 17 Juni 2021.

Sementara, jalur Kepemimpinan Muda akan ditutup pada 22 Juni 2021 dan menyusul Kelas Internasional yang baru akan ditutup pada 2 Juli 2021. Informasi seleksi jalur mandiri UNS dapat dilihat selengkapnya di https://spmb.uns.ac.id/jalur-masuk/ https://spmb.uns.ac.id/.

  • 2. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Ujian Mandiri (UM) UNDIP dibuka dengan metode menggunakan portofolio dan ujian online. Pendaftaran jalur mandiri UNDIP sudah dibuka sejak 19 April lalu dan akan ditutup 17 Juni 2021 pukul 12.00 WIB.

Terkait dengan persyaratan, biaya pendaftaran, jadwal, dan program studi yang dapat dipilih, informasinya dapat dilihat di https://pmb.undip.ac.id/ https://pmb.undip.ac.id/128-2/. Sedangkan untuk cara pembayarannya dapat disimak di sini https://pmb.undip.ac.id/tata-cara-bayar-sarjana/ https://pmb.undip.ac.id/tata-cara-bayar-sarjana/.

  • 3. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

UNNES masih membuka jalur mandiri bagi calon mahasiswa baru program sarjana dan D-3 hingga 9 Juli 2021. Peserta dapat mengakses laman ini https://penerimaan.unnes.ac.id/ https://penerimaan.unnes.ac.id/ untuk mendaftarkan diri.

Pengumuman hasil Seleksi Mandiri (SM) UNNES juga akan diberikan pada 26 Juli 2021 melalui situs https://penerimaan.unnes.ac.id/. Pendaftar juga dapat melihat informasi komplit SM UNNES sekaligus daya tampung program studi yang dituju pada laman tersebut.

  • 4. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Bagi yang tak diterima di UNPAD dalam SBMPTN 2021 kemarin, pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) jalur mandiri masih akan dibuka hingga 17 Juni 2021. Seleksinya sendiri akan dilaksanakan pada 26 Juni 2021.

Bagi calon peserta seleksi mandiri UNPAD, dapat mendaftarkan dirinya di https://pendaftaran.unpad.ac.id/login. Informasi lain seputar jadwal, syarat, prosedur, hingga UKT, dapat disimak seluruhnya di sini http://smup.unpad.ac.id/sarjana-jalur-mandiri/.

ITB hingga Unsoed. Klik selanjutnya>>>



Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia