Tak Lolos SBMPTN 2021? UNS Kini Buka Jalur Khusus Ketua OSIS, Pramuka, PMR

Bayu Ardi Isnanto - detikEdu
Selasa, 15 Jun 2021 15:01 WIB
Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan Hari Pramuka ke-58 di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Jaktim. Tak hanya itu, terlihat juga Presiden ke-5 RI, Megawati.
Tak berhasil di SBMPTN 2021? UNS buka jalur khusus bagi ketua Pramuka, OSIS, dan PMR Foto: Rengga Sancaya
Solo - Buat kalian yang tidak lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2021, masih ada kesempatan lagi. Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo masih membuka beberapa jalur seleksi.

Mulai tahun ini, UNS membuka Jalur Kepemimpinan Muda. Jalur ini khusus untuk para peserta yang semasa SMA pernah menjadi Ketua OSIS di sekolah, Ketua Pramuka tingkat kota/kabupaten dan Ketua Palang Merah Remaja (PMR) di tingkat kota/kabupaten.

"Jalur kepemimpinan muda ini baru pertama kali kita buka tahun ini, khususnya untuk adik-adik yang jadi Ketua OSIS di SMA, organisasi kepemudaan seperti Pramuka dan PMR," kata Wakil Rektor I UNS, Ahmad Yunus, saat dihubungi detikcom, Selasa (15/6/2021).

Alasan pembukaan jalur baru ini untuk menjaring siswa yang memiliki bakat kepemimpinan. Yunus meyakini siswa yang pernah menjadi ketua organisasi di sekolah memiliki kelebihan.

"Karena mereka yg terpilih menjadi ketua pasti punya kelebihan dibandingkan teman-temannya. Kita saring juga untuk menghasilkan calon pemimpin di masa depan," ujar guru besar Fakultas Pertanian UNS itu.

Untuk Jalur Kepemimpinan Muda, UNS mempersilakan pendaftaran memilih prodi apapun. Ada persyaratan khusus bagi peserta yang memilih program studi berikut:

S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi dan S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga memiliki tinggi badan minimal 160 cm bagi putra dan minimal 155 cm bagi putri dan mengunggah portofolio.

S1 Kriya Seni/Tekstil, S1 Seni Rupa Murni (Seni Lukis, Grafis, Patung, Keramik), S1 Desain Interior, S1 Desain Komunikasi Visual, S1 Pendidikan Seni Rupa diharuskan mengunggah portofolio.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, UNS juga membuka jalur Seleksi Mandiri (SM). Ada dua jalur SM, pertama yakni menggunakan nilai hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diadakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), atau kedua dengan mengikuti Ujian Tulis UNS.

Selain itu, UNS juga membuka Jalur Kelas Internasional, yakni menggunakan bahasa Inggris dalam pelaksanaan kuliah. Ada dua prodi yang dibuka untuk kelas internasional, yakni S1 Akuntansi dan S1 Ekonomi Pembangunan.

Adapun pelaksanaan dari dari keempat jalur tersebut berbeda-beda. Berikut jadwalnya:
Jalur Ujian Berbasis Nilai UTBK 24 Mei-17 Juni 2021
Jalur Ujian Tulis UNS 24 Mei-17 Juni 2021
Jalur Kepemimpinan Muda 11-22 Juni 2021
Jalur Kelas Internasional 15 Juni-2 Juli 2021



Simak Video "UNS Solo Gelar Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru Tatap Muka"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia