Viral Kabar Lolos UTBK Tak Boleh Ikut UTUL, Ini Penjelasan UGM

Puti Yasmin - detikEdu
Kamis, 10 Jun 2021 18:25 WIB
Gerbang kampus UGM.
Foto: Dok Humas UGM/Viral Kabar Lolos UTBK Tak Boleh Ikut UTUL, Ini Penjelasan UGM
Jakarta - Sebuah kabar beredar viral terkait peserta yang lolos UTBK tidak boleh mengikuti seleksi mandiri Universitas Gadjah Mada (UGM) atau UTUL. Hal itu pun memicu pro dan kontra di sosial media, seperti Twitter.

"UGM JAHAT BGT KLO GT!!!! Harusnya uang tetep dibalikin kalau dia gk keterima utul krn udh keterima di utbk! Masa masuk ugm modal kasihan sih? Masuk ugm ya krn dia mampu untuk msk dan berjuang disana!!!" tulis @yukhidupberguna

Namun, berbeda dengan @oreoredvelvet__ ia menilai keputusan tersebut baik. Sebab, bisa menghindari kuota kursi yang terbuang sia-sia nantinya bila didapat bersamaan.

"Bagus begini ga sii, jadi ga ada orang yang dapat dua kursi di ptn," ungkap dia di Twitter.

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani pun memberikan penjelasan terkait kabar yang tengah viral tersebut. Ia mengungkapkan pada dasarnya siapa saja boleh mengikuti seleksi mandiri UGM 2021. Termasuk yang sudah lolos UTBK SBMPTN 2021.

Namun, ia menyarankan bagi yang telah lolos UTBK SBMPTN 2021 dan mendapatkan kursi di PTN lainnya bisa mengambil kesempatan tersebut. Pasalnya, masih banyak peserta didik lainnya yang membutuhkan tempat untuk menuntut ilmu.

"Kalau ikut UTUL itu boleh, yang sudah lolos pun boleh ikut kok. Tapi kalau sudah dapat kursi di PTN ya sebaiknya memanfaatkan kursinya. Kasihan masih banyak yang membutuhkan," terang Ariani kepada detikEdu, Kamis (10/6/2021).

Seleksi mandiri UGM sendiri memiliki kuota sebanyak 40% dari daya tampung. Pelaksanaan seleksi mandiri ini akan digelar pada 19-29 Juni 2021 di Yogyakarta dan 22-29 Juni 2021 di Jakarta.

Selamat berjuang, detikers!

Simak Video "Mahfud Md Bicara Hukum di Indonesia: Bisa Diperjualbelikan!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia