Jalur Mandiri ITB Buka 5 Opsi Biaya UKT, Ada yang Gratis

Rahma Harbani - detikEdu
Sabtu, 05 Jun 2021 09:30 WIB
Infografis 10 Fakultas di ITB dengan daya tampung terbanyak
Foto: Fuad Hasyim/detikcom/Jalur Mandiri ITB Buka 5 Opsi Biaya UKT, Ada yang Gratis
Jakarta - Mahasiswa jalur mandiri Institut Teknologi Bandung (ITB) diberikan lima pilihan dalam pembayaran uang kuliah (UKT). Pilihan yang ditawarkan mulai dari pilihan pembebasan biaya hingga pembayaran secara penuh.

Direktur Pendidikan ITB Ir Arief Hariyanto mengatakan dibukanya pilihan pembayaran UKT ini dipengaruhi oleh kondisi ekonomi Indonesia selama pandemi. Dengan begitu, masyarakat Indonesia akan tetap terjamin pendidikannya.

"Kondisi pandemi telah mempengaruhi kondisi ekonomi Indonesia secara umum, termasuk kepada ITB. Namun demikian ITB tetap berusaha memberikan kesempatan pendidikan terbaik kepada para mahasiswa ITB," ujar Arief yang dikutip detikEdu dari laman resmi ITB, Sabtu (4/6/2021).

Arief juga menjelaskan pilihan bebas biaya kuliah alias grarus ini diperuntukkan bagi pemegang Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) yang lolos seleksi. Mahasiswa tersebut masuk dalam kategori UKT1 Rp 0.

Adapun daftar lengkap 5 pilihan pembayaran UKT yang ditawarkan ITB untuk mahasiswa jalur mandiri https://www.detik.com/tag/seleksi-mandiri-itb adalah sebagai berikut.

5 Pilihan Pembayaran UKT Jalur Mandiri ITB

-UKT1 sebesar Rp 0 (diperuntukkan khusus pemegang KIP-K);

-UKT2 sebesar Rp 1 juta per semester;

-UKT3 sebesar Rp 12,5 juta per semester;

-UKT4 sebesar Rp 20 juta per semester; dan

-UKT5 sebesar Rp 25 juta per semester.

Lebih lanjut, mahasiswa baru juga diberi kesempatan untuk mengajukan UKT yang lebih rendah dari UKT5. Penerapan UKT yang bersifat fleksibel ini pun diakui Arief sudah dilakukan sejak Seleksi Mandiri ITB 2020 lalu.

Adapun formulir pendaftaran pengajuan penurunan UKT dapat diakses melalui https://admission.itb.ac.id disertai dengan data-data yang menyatakan kemampuan ekonomi keluarga.

Arief juga mengatakan hasil pengajuan UKT di bawah UKT5 tersebut akan diumumkan sebelum masa pendaftaran ulang.

"Pengumuman persetujuan pengajuan UKT di bawah UKT5 akan disampaikan sebelum masa pendaftaran ulang, sehingga calon mahasiswa sudah mengetahui sebelum melakukan pendaftaran ulang," imbuhnya.

Sebagai informasi, pendaftaran Seleksi Mandiri ITB 2021 masih dibuka hingga 10 Juni 2021 mendatang dengan kuota kurang lebih 1.327 mahasiswa.

Simak Video "Bangga! Kolaborasi Kampus ITS-ITB Daftarkan Paten Mobil Listrik, Ini Bentuknya"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia