Begini Besar Biaya Kuliah Jalur Mandiri di Unsri, Unud, Unsoed

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 11 Mei 2021 16:11 WIB
unsoed di banyumas
Begini Besar Biaya Kuliah Jalur Mandiri di Unsri, Unud, Unsoed (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Jakarta - Jalur mandiri bisa menjadi pilihan detikers untuk berkuliah di perguruan tinggi yang diimpikan. Terdapat beberapa perbedaan mendasar antara jalur mandiri dan jalur masuk bersama seperti SNMPTN dan SBMPTN.

Perbedaannya yaitu terletak pada biaya kuliah. Biaya kuliah jalur mandiri lebih besar ketimbang jalur-jalur sebelumnya. Bagi detikers yang ingin mencoba jalur mandiri, berikut adalah besaran biaya kuliahnya yang dikutip dari situs resmi masing-masing kampus:

1. Universitas Sriwijaya (Unsri)

Ujian mandiri Unsri yang terletak di Palembang ini dilakukan melalui Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB). Biaya kuliah jalur mandiri Unsri ditetapkan lebih besar dari UKT level tertinggi dari mahasiswa jalur SNMPTN dan SBMPTN. UKT tersebut ditetapkan dan dibayarkan pada tiap semester tanpa uang pangkal (BOP) kecuali untuk jurusan Pendidikan Dokter.

UKT: Rp 2.200.000 - Rp 20.000.000

BOP Pendidikan Dokter: Rp 200.000.000 dibayarkan sekali pada saat masuk

· Preklinik: Rp 30.000.000/ semester

· Klinik: Rp 45.000.000/ semester

Untuk lebih lengkapnya kalian dapat mengakses laman https://reg.unsri.ac.id/.

2. Universitas Udayana (Unud)

Seleksi mandiri di Unud dinamakan Ujian Mandiri Unud. Mahasiswa yang lolos Ujian Mandiri di kampus yang terletak di kota Denpasar Bali ini akan dikenakan biaya kuliah berupa UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang dibayarkan sekali selama berkuliah di Unud dengan besaran yang sesuai dengan yang diinputkan pendaftar dalam sistem online. UKT yang dikenakan untuk jalur mandiri adalah UKT golongan 5.

UKT: Rp 3.000.000 - Rp 23.240.000

Untuk lebih lengkapnya kalian dapat mengakses laman https://www.unud.ac.id/.

3. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Seleksi mandiri di Unsoed dinamakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri. Unsoed Purwokerto Jawa Tengah mengenakan biaya kuliah SPMB Mandiri sesuai dengan kesanggupan ekonomi dari masing-masing mahasiswa. Selain itu mahasiswa jalur mandiri juga membayar Iuran Pengembangan Institusi (IPI) yang terdiri dari 1-4 yang ditentukan dari kemampuan masing-masing mahasiswa.

UKT: Rp 2.000.000 - Rp 17.500.000

IPI: Rp 5.000.000 - Rp 300.000.000

Untuk lebih lengkapnya kalian dapat mengakses laman https://spmb.unsoed.ac.id/.

Demikianlah info mengenai besaran biaya kuliah jalur mandiri di Unsri, Unud, dan Unsoed. Jadi tertarik mencoba ke kampus mana nih detikers?



Simak Video "Biaya Kuliah di India Cuma Rp 30 Ribu, Kok Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia