Penilaian Seleksi Mandiri Unpad Pakai Sistem IRT, Begini Penjelasannya

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 07 Mei 2021 09:33 WIB
Unpad
Foto: Mukhlis Dinillah/Penilaian Seleksi Mandiri Unpad Pakai Sistem IRT, Begini Penjelasannya
Jakarta - Pendaftaran Seleksi Mandiri Universitas Padjajaran (SMUP) Sarjana Jalur Mandiri dibuka mulai 5 Mei 2021 sampai 8 Juni 2021. Tahun ini, kamu bisa memilih skema jalur mandiri menggunakan nilai UTBK 2021 atau skema menggunakan nilai SMUP.

Skema jalur mandiri Unpad menggunakan nilai SMUP bisa diikuti oleh siswa lulusan tahun 2019, 2020, 2021.

Pendaftar jalur mandiri yang mengikuti ujian SMUP akan melakukan ujian dengan materi Tes Kemampuan Belajar (TKB) secara online.

TKB adalah materi ujian jenjang sarjana di Unpad. Meskipun sebutannya mirip, tes ini berbeda dengan TKA dan TKBI Unpad. Adapun TKA (Tes Kemampuan Akademik) dan TKBI (Tes Kemampuan Bahasa Inggris) merupakan persyaratan pendaftaran untuk jenjang magister dan doktor.

TKB adalah tes yang didesain untuk mengukur kemampuan berpikir dan menyelesaikan masalah. Secara spesifik, tes ini mengukur kemampuan seseorang dalam memahami bacaan, berpikir logis dan analitis, penalaran numerik, dan penalaran figural, seperti dikutip dari pos "Kamu Bertanya Padmin Menjawab Seri: Materi Ujian SMUP" di akun Instagram resmi Universitas Padjajaran.

Penilaian TKB menggunakan sistem Item Response Theory (IRT). Sistem penilaian IRT adalah sistem yang lebih mengutamakan karakteristik tiap soal. Semakain sulit soal yang kamu jawab, maka akan semakin tinggi pula bobot skor yang bisa kamu peroleh.

Sistem penilaian seleksi mandiri IRT tidak hanya mempertimbangkan jumlah soal yang berhasil dijawab dengan benar atau salah, tetapi juga mempertimbangkan sulit atau tidaknya sebuah soal.

Ada 110 soal di TKB. Ujian TKB dilakukan dalam durasi 107 menit. Dalam ujian TKB tidak berlaku sistem minus.

TKB berbeda dengan TPS (Tes Potensi Skolastik). TKB dan TPS sama-sama mengukur potensi seseorang untuk sukses di perguruan tinggi. Perbedaannya terletak pada matematika dasar dan jenis soalnya.

Adapun materi ujian Sarjana Jalur Mandiri Unpad sama dengan materi ujian Sarjana Terapan Jalur Mandiri. Perbedaannya hanya di bentuk soal.

SMUP Program Sarjana Jalur Mandiri dapat diikuti Warga Negara Indonesia (WNI) yang lulus pada pendidikan setingkat SMA di tahun 2019, 2020 dan 2021. Pendaftar tidak harus terdaftar sebelumnya sebagai peserta SNMPTN ataupun SBMPTN.

Peserta yang menggunakan nilai SMUP bisa memilih dua prodi dari kelompok ilmu yang sama atau berbeda. Peserta yang menggunakan nilai SMUP juga bisa mengambil prodi lintas jurusan atau lintas kelompok ilmu.

Ini artinya, peserta pengguna nilai SMUP bisa memilih dua prodi saintek, dua prodi soshum, atau satu prodi saintek dan satu prodi soshum. Sementara peserta yang akan memilih prodi Unpad lintas kelompok ujian UTBK harus mengikuti ujian SMUP.

Berikut Jadwal SMUP Sarjana Jalur Mandiri

- Pendaftaran: 5 Mei-8 Juni 2021 pukul 15.00 WIB
- Masa Isi Data dan Unggah Dokumen Persyaratan: 5 Mei - 8 Juni 2021 (15:00 WIB)
- Simulasi Ujian (Jadwal akan disampaikan melalui SMS): 24 Juni 20215
- Pelaksanaan Ujian Seleksi: 26 Juni 2021
- Pengumuman: 2 Juli 2021

Jadwal SMUP Sarjana Terapan Jalur Mandiri
- Pendaftaran: 22 Maret-5 Juli 2021 pukul 15:00 WIB
- Pembayaran Biaya Seleksi: 22 Maret - 5 Juli 2021 (15:00 WIB)
- Masa Isi Data dan Unggah Dokumen Persyaratan: 22 Maret - 5 Juli 2021 (15:00 WIB)
- Simulasi Ujian (Jadwal akan disampaikan melalui SMS): 13 Juli 2021
- Pelaksanaan Ujian Seleksi: 15 Juli 2021
- Pengumuman: 22 Juli 2021

Selengkapnya tentang Seleksi Mandiri Unpad bisa dilihat di www.smup.unpad.ac.id/sarjana-jalur-mandiri/. Pertanyaan tentang SMUP bisa ditanyakan ke menu heldesk di website SMUP Unpad di atas atau ke akun Instagram resmi @unpad . Semoga berhasil ya!



Simak Video "Indra Darmawan, Lulusan Unpad yang Jadi Pemulung Budiman"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia