SIMAK UI 2021 Dibuka, Peserta Bisa Daftar Sampai 6 Pilihan Jurusan

Rahma Harbani - detikEdu
Senin, 03 Mei 2021 16:46 WIB
Ilustrasi Kampus UI, Depok
Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO/SIMAK UI 2021 Dibuka, Peserta Bisa Daftar Sampai 6 Pilihan Jurusan
Jakarta - Pendaftaran SIMAK UI 2021 untuk jenjang S1 Reguler, S1 Paralel, S1 KI, dan D3/D4 Vokasi resmi dibuka pada hari ini, Senin (3/5/2021). Beruntungnya, peserta bisa mendaftar sampai enam pilihan jurusan.

Mengutip dari akun resmi SIMAK UI (@SIMAK_UI), peserta SIMAK UI diperbolehkan memilih 1 hingga 6 jurusan yang diminati dengan maksimal 3 pilihan untuk masing-masing jenjangnya.

"Kamu bisa mendaftar minimal 1 s.d. 6 pilihan jurusan, dengan maksimal 3 pilihan untuk masing-masing jenjangnya," tulis akun resmi tersebut.

Jenjang yang dimaksud di sini misalnya seperti, reguler, paralel, atau vokasi. Agar mudah dipahami, sebagai contoh peserta bisa memilih 3 jurusan dari jenjang reguler dan 3 jurusan lain dari jenjang vokasi. Artinya, total jurusan yang dipilih sebanyak 6 jurusan.

Atau peserta juga bisa memilih 3 jurusan reguler, 2 jurusan paralel, dan 1 jurusan vokasi dengan total keseluruhan jurusan yang dipilih ada 6. Misalnya lagi, pola jurusan yang dipilih peserta adalah 2 jurusan jenjang reguler, 2 jurusan jenjang paralel, dan 2 jurusan jenjang vokasi. Pola ini pun diperbolehkan.

Untuk ketentuan biaya pendaftaran SIMAK UI 2021 secara rinci dibagi berdasarkan program IPA/IPS dan IPC adalah sebagai berikut:

-Program IPA/IPS: biaya pendaftaran sebesar Rp 500 ribu untuk 2 pilihan pertama. Dikenakan tambahan biaya sebesar Rp 100 ribu untuk tiap pilihan berikutnya;

-Program IPC: biaya pendaftaran sebesar Rp 600 ribu untuk 3 pilihan pertama. Dikenakan tambahan biaya sebesar Rp 100 ribu untuk tiap pilihan berikutnya.

Nah, semoga bermanfaat ya informasi terkait pemilihan jurusan dan besaran biaya pendaftaran SIMAK UI 2021, detikers!

Simak Video "BMKG Gandeng UI Tingkatkan Kapasitas Sains dan Teknologi"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia