Tips Sukses Mengerjakan Soal UTBK SBMPTN Soshum, Bisa Dicoba!

Kristina - detikEdu
Sabtu, 17 Apr 2021 15:49 WIB
UTBK 2021 di UPI Bandung
Tips Sukses Mengerjakan Soal UTBK SBMPTN Soshum, Bisa Dicoba! ( Ilustrasi Foto: Yudha Maulana)
Jakarta - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK 2021 gelombang 2 akan dilaksanakan pada 26 April-2 Mei mendatang. Persiapan menjadi hal utama yang harus dilakukan oleh calon peserta.

Dikutip dari laman resmi LTMPT, kelompok ujian pada UTBK terbagi menjadi 3 jenis. Di antaranya Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum), dan campuran (Saintek dan Soshum).

Kelompok ujian Soshum terdiri dari materi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TKA) Soshum.

TPS digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif. Sementara itu, TKA Soshum digunakan untuk mengukur kemampuan akademik untuk mata pelajaran Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.

Ada banyak tips dan trik yang bisa detikers lakukan untuk mengerjakan soal UTBK baik Saintek maupun Soshum.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui instagram resminya membagikan tips untuk persiapan UTBK SBMPTN sebagai berikut,

Tips Persiapan UTBK SBMPTN

1. Pastikan untuk sampai di lokasi ujian 45 menit sebelum sesi ujian dimulai dan jangan terlambat

2. Berpakaian rapi dan sopan serta bersepatu

3. Sudah makan dan minum bagi yang berpuasa (bagi yang membawa makanan dan minuman, mohon hormati orang yang berpuasa)

4. Bawa seluruh dokumen yang diisyaratkan, antara lain : Kartu tanda peserta UTBK SBMPTN 2021, Fotocopy ijazah yang telah dilegalisasi bagi lulusan 2019 dan 2020 atau Surat Keterangan kelas 12 yang ditandatangani Kepala Sekolah (berisi nama siswa, NISN siswa, NSPN Sekolah, dan pasfoto berwarna siswa terbaru dengan ukuran bebas), dan identitas diri lain seperti KTP/SIM/Kartu Pelajar

5. Pastikan menggunakan masker (wajib), faceshield (dianjurkan), dan sarung tangan (jika diinginkan)

Tips Mengerjakan soal UTBK Soshum

Dirangkum detikEdu, berikut tips mengerjakan soal UTBK SBMPTN Soshum.

1. Pelajari dan kuasai materi. Pemahaman terhadap materi akan lebih baik daripada hanya sekedar menghafal.

2. Perbanyak latihan. Detikers bisa mengikuti simulai-simulasi tryout yang saat ini banyak diadakan secara daring baik yang gratis maupun berbayar.

3. Temukan strategi dalam menjawab setiap soal. Strategi ini bisa detikers rumuskan ketika sudah terbiasa berlatih untuk mengerjakan soal-soal soshum.

4. Kerjakan soal dengan tenang. Soal-soal soshum memiliki karakteristik yang membutuhkan pemahaman. Untuk itu, kerjakan dengan tenang dan tidak perlu tergesa-gesa namun tetap perhatikan waktu yang terus berjalan.

5. Pilih soal yang dirasa mudah terlebih dahulu. Memikirkan soal yang dirasa sulit di awal hanya akan menghabiskan waktu. Perlu diingat, UTBK SBMPN memiliki batasan waktu dalam mengerjakan soal.

Sementara itu, LTMPT juga memberikan tips dalam mengerjakan soal UTBK. Di antaranya untuk tetap fokus dan percaya diri dengan materi yang telah dipelajari sebelumnya. Selain itu, detikers juga tidak perlu menghiraukan bisikan yang datang karena hasil akan ditentukan oleh diri sendiri.

Ketua LTMPT, Prof Mohamad Nasih juga memberikan tips untuk mengerjakan soal UTBK SBMPTN dengan tenang, jujur, dan percaya diri.

"Selamat mengikuti UTBK-SBMPTN 2021! Kerjakan soal dengan tenang, jujur dan percaya diri. Jangan lupa patuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19. Semoga lancar dan sukses!" katanya seperti dikutip dalam akun @ltmptofficial Sabtu, 17/04/2021.

Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia