Catat! Ini Tahapan Langkah Peserta UTBK SBMPTN 2021 Saat Tiba di Lokasi Ujian

Puti Yasmin - detikEdu
Minggu, 11 Apr 2021 17:48 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Foto: Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom/Catat! Ini Tahapan Langkah Peserta UTBK SBMPTN 2021 Saat Tiba di Lokasi Ujian
Jakarta - Pelaksanaan UBTK SBMPTN 2021 akan dimulai pada Senin (12/4/2021) besok. Peserta ujian pun harus melakukan beberapa langkah saat tiba di lokasi ujian. Apa saja?

Dikutip dari Instagram resmi LTMPT, selaku pelaksana UTBK SBMPTN 2021 ada lima tahapan yang harus dilakukan peserta ujian saat tiba di pusat UTBK. Berikut rinciannya.

1. Segera siapkan dokumen di atas meja untuk diverifikasi oleh pengawas. Benda lain yang tidak diperlukan harus masuk ke dalam tas dan diletakkan di tempat yang sudah disiapkan.

2. Ikuti instruksi pengawas, seperti kapan harus log in, latihan soal, dan patuhi tata tertib ujian UTBK SBMPTN 2021

3. Setelah masuk ruang ujian, dilarang berbicara dengan peserta lain, dengan alasan apapun.

4. Kerjakan ujian sesuai dengan petunjuk dan tetap mengikuti Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19. Jadi, tetap menggunakan masker ya!

5. Sebelum waktu ujian selesai, tidak diperkenankan ke luar ruangan.

Selain, itu LTMPT juga memberikan tips bila mana ada pertanyaan (bukan materi dalam soal ujian) untuk ditanyakan kepada pengawas. Caranya dengan mengacungkan tangan.

Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 sendiri dibagi menjadi dua gelombang. Hal itu dilakukan guna mencegah kerumunan di tengah pandemi COVID-19. Gelombang I dimulai 12-18 April 2021 dan Gelombang II 26 April - 2 Mei 2021.

LTMPT juga melakukan penambahan waktu UTBK SBMPTN di Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta pada 3-4 Mei 2021.

Pelaksanaan ujian di Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) juga ditambah pada tanggal 3 Mei sebanyak 2 sesi. Nah, sudah siap melaksanakan UTBK SBMPTN? Selamat berjuang!

Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia