Cara Bayar UTBK 2021 BRI, Begini Cara dan Tahapannya

Erwin Dariyanto - detikEdu
Rabu, 31 Mar 2021 11:56 WIB
INfografis Jadwal UTBK SBMPTN 2020
Cara Bayar UTBK 2021 BRI, Begini Cara dan Tahapannya (Ilustrasi Foto: Andhika A/detikcom)
Jakarta - Cara bayar UTBK 2021 bisa dilakukan melalui BRI. Membayar biaya ujian ini menjadi syarat peserta untuk mengikuti UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Besarnya biaya ujian berbeda-beda, tergantung dari pilihan program studinya. Peserta UTBK yang memilih kelompok Saintek dan Soshum besarnya biaya ujian sebesar Rp 200.000. Sementara untuk yang memilih kelompok campuran Rp 300.000.

Nah, cara bayar UTBK 2021 BRI seperti dikutip dari laman LTMPT dapat dilakukan pada channel BRIMO dan unit kerja Bank BRI yang ada di seluruh wilayah Indonesia. BRIMO adalah internet banking versi App BRI.

Apabila detikers ingin melakukan pembayaran UTBK-SBMPTN 2021 melalui channel BRIMO, maka langkah pertama adalah dengan terlebih dulu membuka aplikasi BRIMO dan login, setelah itu pilih "Lainnya" pada tampilan menu di home. Kemudian, lanjutkan dengan memilih menu LTMPT.

Pada menu LTMPT Isikan Kode bayar dan NISN lalu akan tampil data pembayar. Apabila telah selesai, inputkan PIN dan akan diterbitkan bukti transaksi. Jangan lupa simpan bukti transaksi dan lanjutkan proses melalui portal LTMPT.

Pembayaran UTBK 2021 juga bisa dilakukan melalui cabang Bank BRI. Apabila detikers ingin melakukan pembayaran UTBK 2021 melalui teller BRI terdekat, maka urutan pertama adalah dengan mengisi slip setoran dengan data berikut ini:

a. Nama dan Alamat Pembayar
b. Keterangan pembayaran:UTBKLTMPT2021
c. Isi Kode Bayar dan NISN
d. Isi nomor rekening tabungan/Giro jika Debit Rekening dan isikan tunai jika membawa uang tunai
e. Isi Jumlah sesuai nominal. Misalnya detikers memilih kelompok Soshum atau Saintek maka nominal yang harus diisi adalah sebesar Rp 200.000. Namun jika memilih kelompok campuran, maka nominal yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp 300.000.

Setelah semua data tersebut terisi, tahap kedua detikers menyerahkan slip setoran dan slip pembayaran UTBK yang diperoleh saat melakukan pendaftaran di https://portal.ltmpt.ac.id kepada teller. Petugas teller akan memproses dan mencetak bukti pembayaran Anda.

detikers harus menyimpan bukti pembayaran untuk melanjutkan proses melalui portal LTMPT. Perlu diketahui bahwa cara bayar UTBK-SBMPTN 2021 tidak bisa dilakukan melalui ATM BRI.



Simak Video "Diduga Menista Agama Islam, Jozeph Paul Zhang Diburu Bareskrim!"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia