Begini Cara LTMPT Cegah Agar Soal UTBK SBMPTN 2021 Tidak Bocor

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 23 Mar 2021 11:12 WIB
UTBK di UPN Veteran Jakarta, 5 Juli 2020. (Dok UPN Veteran Jakarta)
Foto: UTBK di UPN Veteran Jakarta, 5 Juli 2020. (Dok UPN Veteran Jakarta)/Cara LTMPT Agar Soal UTBK SBMPTN 2021 Tidak Bocor
Jakarta - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) salah satu tugasnya membuat soal ujian UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). Agar tidak terjadi kebocoran soal di masyarakat, LTMPT melakukan strategi tertentu.

Ketua LTMPT Mohammad Nasih menyatakan soal ujian SBMPTN 2021 telah selesai dibuat oleh tim khusus. Tim tersebut bersifat independen sehingga tidak memiliki kepentingan khusus dalam proses membuat soal ujian.

Langkah itu dilakukan sebagai upaya mencegah kebocoran soal SBMPTN 2021. Bahkan, kata Nasih, ia sebagai ketua LTMPT tidak mengetahui apa saja isi soal ujian tersebut.

"Soalnya sudah sangat siap dan tentu saja untuk urusan ini, kami tekankan yang kelola LTMPT membentuk suatu tim yang sifatnya independen. Bahkan, ketua LTMPT nggak tahu soalnya kaya apa dan memang nggak perlu tahu dan sifatnya rahasia," ungkap Nasih dalam Konferensi Pers Pengumuman SNMPTN 2021, Senin (22/3/2021).

Selain dibuat oleh tim khusus, soal ujian SBMPTN 2021, seperti Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Potensi Skolastik (TPS), dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) juga belum difinalisasi oleh LTMPT. Langkah ini merupakan strategi mencegah kebocoran soal.

"Sejauh ini semua soal sudah kita siapkan dan tinggal proses mendekati pelaksanaan akan lakukan setting dan lain-lain. Kalau sejak awal sudah fix ini bahaya. TPA, TPS, dan TKA sudah lengkap dan tesnya sudah kita siapkan bersama-sama," terang dia.

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Airlangga Surabaya ini menjelaskan proses pelaksanaan SBMPTN 2021 saat ini sudah hampir selesai. Pihaknya telah melakukan pengecekan pada sarana dan prasarana untuk ujian nanti.

"Jadi semua proses sudah kita jalankan dengan sebaik-baiknya, termasuk lokasi sudah disiapkan sebaik-baiknya dan sarana prasarana juga sudah laksanakan web survei sehingga Insya Allah ada banyak perbaikan," imbuhnya.

Sementara itu, pelaksanaan SBMPTN akan dilakukan dalam dua gelombang, yakni gelombang I pada 12-18 April 2021 dan gelombang ke-II pada 26 April - 2 Mei 2021.



Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia