Berikut Link Pengumuman SNMPTN 2021 dan Laman Mirror yang Bisa Diakses

Rosmha Widiyani - detikEdu
Sabtu, 20 Mar 2021 14:11 WIB
ilustrasi kelulusan
Foto: thinkstock/Berikut Link Pengumuman SNMPTN 2021 dan Laman Mirror yang Bisa Diakses
Jakarta - Hasil SNMPTN 2021 mulai bisa diakses pada Senin (22/3/2021) di link https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id. Selain link tersebut, peserta bisa mencoba akses lain yang disediakan universitas.

"Pengumuman hasil SNMPTN dijadwalkan pada 22 Maret 2021 melalui laman LTMPT dan laman mirror pengumuman di beberapa PTN yang akan diinformasikan kemudian," tulis LTMPT dalam surat edaran pembukaan pendaftaran SNMPTN 2021.

Berikut 12 laman mirror untuk mengakses pengumuman SNMPTN 2021:

1. https://snmptn.ui.ac.id
2. https://snmptn.ugm.ac.id
3. http://snmptn.undip.ac.id
4. http://snmptn.unair.ac.id
5. http://snmptn.unsri.ac.id
6. http://snmptn.untan.ac.id
7. http://snmptn.itb.ac.id
8. http://snmptn.its.ac.id
9. http://snmptn.ipb.ac.id
10. http://snmptn.unand.ac.id
11. http://snmptn.unhas.ac.id
12. http://snmptn.unsyiah.ac.id

Link mirror pengumuman SNMPTN 2021Link mirror pengumuman SNMPTN 2021. Foto: UGM

Siswa yang tidak lolos SNMPTN tidak perlu khawatir dan putus asa. Peserta bisa mengikuti seleksi masuk PTN lain yang disediakan pemerintah. Misalnya SBMPTN 2021, SPAN PTKIN, atau SBMPN.

Jika dinyatakan lolos SNMPTN 2021, siswa wajib melakukan daftar ulang di PTN tujuan. LTMPT menyarankan para siswa rajin update di situs atau media sosial PTN terkait.

"Peserta yang lolos SNMPTN 2020 wajib rutin mengupdate informasi di www.penerimaan.ui.ac.id. Selain itu, peserta juga bisa mengetahui info terbaru di sosial media UI seperti twitter dan instagram @univ_indonesia," tulis UI dalam rilis pengumuman kelulusan SNMPTN 2020 di situsnya.

SNMPTN berbeda dengan seleksi lain yang diselenggarakan LTMPT. Peserta dalam SNMPTN adalah siswa eligible yang telah ditentukan sekolah. Pihak sekolah menggunakan beberapa pertimbangan.

Salah satunya prestasi akademik yang diraih selama selama bersekolah. Prestasi menentukan pemeringkatan siswa yang dilakukan sekolah. Pemeringkatan dihitung berdasarkan pelajaran di tiap jurusan sekolah.

Kuota sekolah juga menentukan jumlah siswa eligible yang dikirim sekolah untuk ikut SNMPTN. Sekolah dengan akreditasi A punya kuota 40 persen, akreditasi B 25 persen, dan C sebesar lima persen.

Simak Video "SNMPTN 2021 Dibuka, Begini Tahapan Pendaftarannya"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia